Gandeng 3 Perguruan Tinggi, Pemkot Bisa Lakukan Berbagai Kajian

Foto: Penandatanganan MoU Pemkot Samarinda dan Rektor 3 Perguruan Tinggi. (ISTIMEWA)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melakukan kerjasama dengan 3 perguruan tinggi yang dilaksanakan di Balaikota Samarinda pada Senin, (8/5/2023). Kerjasama tersebut memiliki berbagai manfaat bagi pemerintah sendiri.

Tiga perguruan tinggi tersebut diantaranya Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Widyagama Samarinda, dan Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim.

Menurut keterangan Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Samarinda Idfi Septiani, kerjasama tersebut dalam mewujudkan pola pentahelix. Dimana unsur pemerintah maupun akademisi bersatu dalam mengembangkan inovasi pengetahuan bersama.

Baca juga  Samsun Tegaskan Kerugian Masyarakat Kaltim Akibat Pertambangan Harus Segera di Ganti

“Jadi bisa masuk di dalam research, join research, bisa lakukan kajian-kajian teknis. Kalau di Samarinda ada beberapa tantangan-tantangan selama pembangunan di kota, kita juga butuh peranan kampus dengan sisi scientific base-nya,”jelas Idfi.

OPD di lingkungan Pemkot Samarinda mampu melakukan pertemuan lebih lanjut kepada ketiga perguruan tinggi tersebut untuk melakukan pengkajian maupun peningkatan kapasitas. Salah satunya mengenai pengkajian terkait stunting.

Baca juga  Calon Mahasiswa di Kukar Dapat Sosialiasi Soal Beasiswa Kukar Idaman

“Misalkan mengenai stunting. Nanti Dinkes (Dinas Kesehatan) bisa berkomunikasi dengan kedokteran Unmul atau kesehatan masyarakat yang ada di kampus. Itu bisa dibahas secara langsung,”pungkasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved