Perangkat Daerah Terbaik Kaltim Tahun 2022 Diraih Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

Seremoni penyerahan piagam penghargaan perangkat daerah kaltim terbaik tahun 2022, di hotel mercure samarinda, Rabu 14/12/2022.
Seremoni penyerahan piagam penghargaan perangkat daerah kaltim terbaik tahun 2022, di hotel mercure samarinda, Rabu 14/12/2022.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim berhasil memperoleh penghargaan perangkat daerah terbaik tahun 2022 dalam Pemilihan Perangkat Daerah Terbaik se-Kaltim.

Anugerah penghargaan diberikan Gubernur Kaltim yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni. Di momen yang sama, dilakukan juga penyerahan penghargaan presentasi inovasi dan kreativitas perangkat daerah (Pepes Ikan Peda) tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltim.

Baca juga  Blank Spot Daerah Berambai Akhirnya Teratasi, Wali Kota Samarinda Resmikan 3 Program unggulan

Sri Wahyuni mengatakan, perubahan merupakan keniscayaan yang tidak dapat dihindari atau di prediksi Baik terjadi di internal maupun eksternal. Seperti saat pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan di semua sektor kehidupan manusia.

“Masyarakat dunia saat itu gagap menghadapi Covid-19, tapi ternyata ketika perubahan itu ada, kita bisa mengatasinya,” kata Mantan Kadispar Provinsi Kaltim itu.

Wabah Covid-19 juga membuat terjadinya perubahan dalam sistem pemerintahan yaitu adanya transformasi digital yang berjalan cepat dan memaksa orang untuk ikut berubah, suka ataupun tidak.

Baca juga  Ananda Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Warga Kota Samarinda

“Dulu kita tidak kenal aplikasi zoom. Tidak terbayangkan mengadakan rapat secara online dari tempat berbeda,” katanya.

Salah satu siasat menghadapi perubahan ini adalah dengan beradaptasi baik inisiasi sendiri maupun mengikuti sistem.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kaltim, Fitriansyah menjelaskan terdapat kategori penilaian perangkat daerah berprestasi diantaranya, kategori Pengelolaan Keuangan Daerah, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Pengelolaan Kepegawaian, Penerapan Budaya Kerja, Pengelolaan Arsip Statis dan kategori SAKIP.

Baca juga  DPP Kaltim Kirim 35 Peserta Satgas Pengamanan Jelang Gebyar HUT PDI Perjuangan di Cibubur

“Sementara untuk lomba inovasi daerah (Pepes Ikan Peda ) ada 17 proposal inovasi dari perangkat daerah Kaltim dan 39 proposal inovasi dari 10 kabupten/kota di Kaltim,” tukasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Fris)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved