Minim Perbaikan, Taman Cerdas Berpotensi Raih Predikat RBRA

Suasana Peninjauan Tim Auditor RBRA KemenPPPA di Taman Cerdas.
Suasana Peninjauan Tim Auditor RBRA KemenPPPA di Taman Cerdas.

Portalborneo.or.id, Samarinda -Taman Cerdas mampu mendapatkan predikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (KemenPPPA). Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Samarinda, Deasy Evriyani di Taman Cerdas pada Rabu, (15/2/2023).

Klaim tersebut lantaran mendengar obrolan selama mendampingi Tim Auditor RBRA KemenPPPA meninjau Taman Cerdas. Deasy menyatakan bahwa pihaknya hanya perlu memperbaiki beberapa item yang minor.

Baca juga  Harapan Wali Kota Pada 118 Duta GenRe Tingkat Kelurahan Kota Samarinda

“Insha Allah bisa mendapatkan gelar RBRA. Ditambah masih ada lagi kesempatan sampai 10 April 2023 untuk perbaikan. Saya juga sudah mencatat perbaikan kita. Tidak terlalu signifikan, hanya bebeerapa saja,” ujar Deasy.

Beberapa item yang perlu diperbaiki diantaranya penempatan bak sampah sesuai jenisnya, penutupan beberapa baut yang masih menonjol, dan alas rumput sintetik di alat bermain anak.

Baca juga  Afif Soroti Persoalan Jukir Liar Kota Samarinda

“Kita akan segera perbaiki. Insha allah sudah bisa kami penuhi semua,”tegas Deasy.

Jika mengacu pada proses penilaian, apabila Pemkot dinyatakan memenuhi persyaratan tanpa perbaikan, maka pihaknya langsung mendapatkan sertifikat penghargaan. Namun, jika Pemkot memenuhi persyaratan dengan catatan perlu perbaikan, maka pihaknya mendapatkan kesempatan untuk memperbaikinya hingga 10 April 2023.

Sekedar informasi, persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemkot Samarinda untuk bisa mendapatkan predikat RBRA berjumlah 13 item. Yakni penetapan lokasi, pemanfaatan, kemudahan, material, vegetasi, pengkondisian udara/penghawaan, peralatan/perabotan bermain, keselamatan, keamanan, kesehatan dan kebersihan, kenyamanan, pencahayaan, dan pengelolaan.

Baca juga  Sosialisasiskan Perda Disabilitas, Mashari Rais Jelaskan Hak-Hak Penyandang Yang Diatur Dalam Perda

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved