Bertemu Kemendagri, Pemkot Samarinda Siapkan Usulan Penunjang IKN

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.
Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Direncanakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan melakukan rapat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 17 Februari 2023. Rapat tersebut berkaitan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pemkot pun langsung melakukan rapat untuk mempersiapkan pertemuan tersebut di Balaikota Samarinda pada Selasa, (14/2/2023). Rapat dipimpin langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Andi menyatakan, pihaknya tidak ingin sekedar datang dan diam saja selama rapat tersebut. Namun, pihaknya ingin membawa pokok pikiran maupun ide demi menunjang keberlangsungan IKN Nusantara.

Baca juga  Wali kota Samarinda Resmi dilantik Jadi Ketua IPSI Kaltim

“Setelah ditetapkannya Samarinda sebagai jantung ibu kota negara, sekaligus penyangga ibu kota negara, tentu harus mempersiapkan bahan dan usulan yang akan kita bawa di rapat soal IKN. Karena setiap kita diundang, kita tidak hanya datang, mendengar, duduk. Tapi ada pikiran-pikiran dan usulan yang kita sampaikan,”kata Andi.

Salah satu pokok pikiran yang akan disuarakan pada rapat kelak yakni pencanangan Kota Satelit Palaran dan realisasi Pusat Pengembangan Energi Terbaharukan.

Baca juga  Hadiri HKG PKK ke-51, TP PKK Samarinda Komitmen Turunkan Stunting

Mengenai pusat pengembangan energi terbaharukan, Andi menerangkan bahwa dirinya berencana mengalihkan penggunaan gas elpigi atau bisa dikatakan gasifikasi kota.

“Bahwa seluruh layanan energi gas, tidak lagi ebrtumpu dan bergantung pada gas LPG. Tapi kita sudah memiliki stasiun pengisian gas, yang bisa dioperasikan layaknya PDAM. Ini cita-cita kita, harapan kita,” lanjutnya.

Baca juga  Komisi III DPRD Kaltim Minta Pemerintah Pertimbangkan Dampak Kenaikan Harga BBM

Pencanangan gasifikasi ini juga merupakan wujud respon Pemkot Samarinda dalam pelaksanaan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Bagaimana di Samarinda, pelayanan energi rumah tangga sudah berbasis gas. Sebagian wilayah sudah ada, misalnya kaya’ di Makroman. Tapi itu baru di kawasan tertentu, kita ingin semua nanti sudah pakai sistem gasifikasi,”tandasnya.

(Tim Redaksi Portalborne.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved