Persiapan Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar Ke-43 Sudah 80 Persen

Rakor persiapan MTQ Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar di Ruang Serbaguna Bupati (Istimewa)
Rakor persiapan MTQ Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar di Ruang Serbaguna Bupati (Istimewa)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ke-43 di Kecamatan Loa Kulu pada 26 November. MTQ tahun 2022 itu nantinya akan dihadiri oleh khilafah dari berbagai kecamatan dan kini proses persiapan telah mencapai 80 persen.

Kegiatan ini dirangkai dengan pelantikan Dewan Pengawas dan Verifikasi MTQ yang dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah Kukar Sunggono di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (1/11). Pelantikan dilakukan pada rapat koordinasi sekaligus ekspose MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar.

Baca juga  Rendi Solihin Salurkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung di Samboja

Sunggono membeberkan bahwa seluruh fasilitas yang dirancang oleh Camat Loa Kulu sudah sesuai dengan ekspektasi para peserta. Karena pada perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar Ke-43 kali ini tidak terdapat keluhan dari para peserta kalifah se-Kukar.

“Sampai dengan saat ini untuk persiapannya MTQ yang lain sudah 80 persen tinggal memasukkan panggung,” terangnya.

Sunggono menambahkan pada kegiatan MTQ ini akan terdapat apresiasi khusus dimana Bupati Kukar, Edi Damansyah akan menghadiahkan umroh bagi peserta yang meraih hasil terbaik pada MTQ Tingkat Provinsi kemarin. Sedangkan teruntuk juara 1 sampai 3 akan dihadiahkan rumah.

Baca juga  Meninjau Keberadaan Rumah Produksi Bersama, Sekda Kukar Uji Coba Mesin Jahe

“Ini adalah komitmen Bupati dalam meningkatkan SDM juga memberi hadiah bagi mereka yang memberikan hasil terbaik,” ucap Sunggono.

Di sisi lain, Ardiansyah, selaku Camat Loa Kulu menghimbau persiapan MTQ kini hampir rampung. Akan tetapi, persiapan kegiatan panggung utama baru bisa terlaksana di tanggal 25 November. Pembukaan hingga penutupannya sendiri akan dilakukan di lapangan sepak bola Loa Kulu.

“Pada tanggal 26 kafilah sudah datang dari 18 kecamatan untuk kita verifikasi dan validasi data yang mengikuti lomba. Tanggal 27 kita langsung pembukaan yang dibuka Bupati sampai tanggal 3 Desember 2022,” ungkapnya.

Baca juga  Sani Jelaskan Pemkot Samarinda Seharunya Beri Pembinaan Kepada Badut Jalanan

Adapun anggaran yang diberikan pada MTQ kali ini mencapai Rp 9,5 Miliar. Ardiansyah menyampaikan hal ini merupakan bentuk komitmen untuk memberi penghargaan kepada kabupaten yang kini menyabet lima gelar juara MTQ Tingkat Provinsi Kaltim sekaligus untuk melakukan pembinaan.

“Harapan kami pemerintah kecamatan sekaligus Ketua Umum MTQ Kabupaten mohon dukungan masyarakat Kukar untuk mendukung kegiatan ini. Dan berikan support kepada kami, semoga MTQ ini bisa lebih baik lagi kedepannya,” harap Ardiansyah.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved