Pantai Amborawang Laut Dipastikan Jadi Wisata Alam Unggulan di Kukar

Foto: Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.
Foto: Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pantai Ambalat yang terletak di Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja akan menjadi salah satu wisata alam unggulan yang dimiliki Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pantai yang menyuguhkan pemandangan pepohonan pinus ini semakin memiliki daya pikat setelah mendapat sentuhan dari Program TJSL perusahaan kelistrikan negara, PT PLN.

Tahun 2022 ini, perusahaan BUMN itu sudah menyalurkan bantuan sarana prasarana berupa wahana baru di Pantai Ambalat untuk ketiga kalinya.

Baca juga  Usulan Anggaran Belum Direspon Pemprov, PWI Kaltim Terancam Absen Porwanas XII 2022 Di Jatim

Bahkan Bupati Kukar Edi Damansyah percaya program ini mampu memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan wisatawan ke Pantai Ambalat.

“Kalau dilihat dari pemasukan cukup bagus. Melalui karcis dan penyewaan wahana. Bahkan pantai ambalat sudah bisa berkontribusi untuk PAD,” kata Edi.

Edi ingin, wahana-wahana di Pantai Ambalat bisa lengkap. Dengan fasilitas yang lengkap, tentu akan membuat wisatawan merasa nyaman. Selain itu, pantai juga harus dirawat dengan manajemen dan pengelolaan yang baik.

Baca juga  Keluarga dan Sekolah Perlu Memahami Kondisi Mental Anak

“Jika pengelolaan bagus, banyak pengunjung maka bisa berdampak bagi ekonomi kerakyatan. Pelaku UMKM akan tumbuh dengan banyaknya orang yang berwisata ke Pantai Ambalat,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kukar ini menilai program TJSL oleh PT PLN bersama Pemkab Kukar merupakan kolaborasi yang apik. Ke depan, ia menginginkan diskusi yang lebih konkret terkait sejumlah zonasi yang bisa menjadi garapan wisata unggulan.

Baca juga  Siap Kebut Pembangunan di Awal Tahun, APBD Kukar 2023 Sah Bernilai Rp 7,2 Triliun

“Hasil dengan kerja bersama akan memiliki dampak dan manfaat yang lebih besar. Kalau sekarang yang dikerjakan masih parsial sesuai kebutuhan, ke depan kita akan petakan zonasinya,” demikian Edi.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Adv)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved