Peran Besar Rahmat Dermawan di Balik Realisasi Bantuan Pembudidaya Rumput Laut Samboja

Foto: Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin Pimpin Gotong Royong di Kecamatan Samboja induk dan Kecamatan Samboja Barat.

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Petani pembudidaya rumput laut di Samboja mendapatkan bantuan bibit, yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, Jumat (12/5/2023).

Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Kukar terhadap kelompok masyarakat pembudidaya rumput laut, yang sempat alami gagal panen.

Rendi Solihin menjelaskan, dukungan berupa bantuan bibit diberikan tak terlepas dari potensi budidaya rumput laut di wilayah pesisir Kukar.

Terdapat 140 ton bibit diberikan kepada 10 kelompok pembudidaya rumput laut di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja, melalui program dedikasi “Kukar Idaman”.

Baca juga  Dinkes Samarinda Dorong Perempuan Konsumsi Protein Hewani

“Bantuan terhadap sektor perikanan ini memang menjadi konsen Pemkab Kukar. Pertanian dalam arti luas ini akan menjadi penopang perekonomian baru,” ucap Rendi.

“Yang jelas pada tahun ini ada 9.500 nelayan yang mendapat bantuan,” sambungnya.

Fasilitator pendamping program, sekaligus Staff Wakil Bupati Kukar, Rahmat Dermawan menambahkan, bantuan tersebut tak terlepas dari keresahan yang kerap disampaikan kepadanya dalam berbagai kesempatan bertemu dengan masyarakat.

“Keresahan nelayan pembudidaya rumput laut sering disampaiakan kepada saya. Lalu, saya utarakan kepada Wakil Bupati dan Alhamdulillah melalui APBD Kukar, bisa cair,” tuturnya.

Baca juga  Pembangunan Hilirisasi Smelter Nikel Di Kukar Telan Korban Jiwa, Diduga Sistem Kemanan Kurang

Tak hanya itu saja, pihaknya juga turun langsung dalam proses pembuatan proposal dan kelengkapan administrasi agar bantuan dapat segera terealisasi.

“Kami arahkan untuk pembuatan proposal, verifikasi kelengkapan lainnya, terus saya kawal di Dinas Perikanan. Karena nelayan kita kesulitan untuk urusan administrasi untuk mengurus sampai ke dinas,” jelas alumni Universitas Mulawarman tersebut.

Terkait program Kukar Idaman, di dalamnya terdapat program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif, meliputi nelayan tangkap sungai, nelayan tangkap laut, nelayan tambak, pembudidaya ikan tawar, maupun pembudidaya keramba.

Komitmen tersebut didukung dengan anggaran mencapai Rp 219 Miliar di 2023.

Baca juga  Rusmadi Wongso Sebut Program Regsosek Sangat Membantu Pemerintah Kota Samarinda

Alokasi anggaran ini akan dibelanjakan untuk merealisasikan bantuan berupa mesin kapal, body kapal, bibit rumput laut, bibit udang windu, alat tangkap nelayan, pullbox, perlengkapan keramba, dan lainnya.

Ketua Kelompok Pembudidaya Putra Harapan Baru, Samsul Bahri bersyukur atas bantuan yang diberikan melalui Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

“Saya harap bantuan ini bisa terus berkelanjutan. Untuk hasil panen rumput laut sudah kami rasakan dan bisa hasilnya bisa untuk menopang kebutuhan hidup sehari-hari,” ucapnya singkat.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Dzl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved