Anggaran Rp4 Miliar untuk Bangun Dua Pabrik Kelapa di Pesisir Kukar

Foto: perkebunan pohon kelapa di pesisir. (Ilustrasi)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur berencana membangun dua unit pabrik kelapa di wilayah pesisir.

Pembangunan dua pabrik kelapa yang berlokasi di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Muara Jawa ini diperkirakan menelan anggaran senilai Rp4 Miliar.

Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto mengatakan, pembangunan dua unit pabrik kelapa dibangun melalui anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Baca juga  Sertifikasi Fotografi untuk Menyongsong Era Baru dalam Ekonomi Kreatif

“Alhamdulillah, potensi kelapa di Kukar sangat menjanjikan. Kedua pabrik ini akan dibangun pada anggaran perubahan APBD tahun 2023,” ujarnya, Selasa (9/5/2023).

Sebagai informasi, potensi komoditas kelapa di Kabupaten Kutai Kartanegara diestimasikan mencapai 700 ton per tahun.

Namun, potensi ini belum dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan membagun pabrik kelapa.

Baca juga  Pemkab Kukar dan BULOG Berantas Stunting dengan Bantuan Beras 10 Kg per Bulan

Pabrik kelapa tersebut diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat terutama petani kelapa di wilayah Muara Jawa, Muara Badak dan Samboja.

“Pabrik ini dirancang untuk memproduksi 6 (enam) jenis produk olahan yang dihasilkan dari industri kelapa,” kata Totok.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mendukung pendirian pabrik kelapa di wilayah pesisir.

Menurutnya, pembangunan tersebut perlu melibatkan beberapa instansi. Yakni, Dinas Perkebunan, Pekerjaan Umum (PU) dan Disperindag Kukar.

Baca juga  PKK Kukar Serukan Ikrar Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara di Titik Nol

Ketiga instansi tersebut memiliki peran dan dapat bersinergi dalam menyiapkan infrastruktur maupun komoditi kelapa yang akan diproduksi.

“Saya minta dinas-dinas teknis ini berkolaborasi dan disiapkan baik, sarana prasarananya hingga masuk ke tahap produksi dan pemasaran,” pungkasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Int)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved