DPC PDI-Perjuangan Kukar Fasilitasi IRT Muara Jawa Bentuk Kelompok UMKM

Rahmat Dermawan Waka Bidang Industir Tenaga Kerja, Jaminan Sosial Koperasi Dan UMKM DPC PDI-Perjuangan Kukar, Bersama 4 Kelompok UMKM IRT di Kelurahan Muara Jawa Pesisir.
Rahmat Dermawan Waka Bidang Industir Tenaga Kerja, Jaminan Sosial Koperasi Dan UMKM DPC PDI-Perjuangan Kukar, Bersama 4 Kelompok UMKM IRT di Kelurahan Muara Jawa Pesisir.

Portalborneo.or.id, Kutai Kartainegara – DPC PDI-Perjuangan Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan bantuan kepada masyarakat. Salah satunya meningkatkan perekonomian keluarga. Seperti yang dilakukan pada Rabu, (1/3/2023).

DPC PDI-Perjuangan Kukar memfasilitasi Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kelurahan Muara Jawa Pesisir yang memiliki usaha kecil untuk dibentuk legalitas menjadi kelompok UMKM. Sebanyak 4 kelompok yang dibentuk pada hari ini.

Bantuan tersebut juga menindaklanjuti banyaknya keluhan IRT yang tidak tahu cara mengurus pembentukan kelompok UMKM secara administrasi dan legal.

“Jadi dibuat atau dilegalisasi kelompok-kelompok ini memudahkan pemerintah untuk menginventarisir kebutuhan dari kelompok masyarakat tersebut. Karena pemerintah tidak boleh memberikan bantuan kepada perorangan, tetapi harus melalui kelompok yang telah dilegalisasi,”terang Waka Bidang Industir Tenaga Kerja, Jaminan Sosial Koperasi Dan UMKM DPC PDI-Perjuangan Kukar, Rahmat Dermawan.

Baca juga  Miliki Lahan Tidur Seluas 1.300 Hektare, Kukar Akan Bangun Pertanian Baru

Pihaknya membentuk dari pembentukan berita acara, SK, hingga ke sekretariat. Bahkan, PDI-Perjuangan akan terus mengawal anggaran bantuan UMKM ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Rahmat juga mengakui bahwa hal ini juga merupakan implementasi dari pesan Bupati-Wakil Bupati Kukar dimana seluruh pihak harus memberikan penguatan ekonomi keluarga. Khususnya kepada IRT yang notabene membantu perekonomian sang suami. Ia berharap agar ke depannya, lebih banyak kelompok UMKM yang bisa mereka bantu.

Baca juga  Pemeriksaan Rutin Disperindag Kukar Menjelang Idul Fitri

“Totalnya 24 kelompok yang sudah kita fasilitasi sampai detik ini. Mudah-mudahan jumlahnya terus bertambah. Karena kita keliling terus ke masing-masing kelurahan,”harapnya.

Ditambahkan oleh Pengurus Pembantu UKM Lisa Subandi, 4 kelompok yang baru dibentuk akan menjalankan usaha di bidang kuliner. Khususnya pembuatan kue.

“Kalau bisa secepatnya karena ibu-ibu semangat mau usaha semua. Jadi kami saya usahakan untuk bantu. Pokoknya semuanya ibu-ibu segera dibentuk UMKM dan lebih berkembang,”ucapnya.

Baca juga  Wabup Rendi Solihin Tinjau Akses Jalan di Sebulu Kukar

Salah satu IRT yang masuk dalam kelompok UKM, Nurpida merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PDI-Perjuangan. Karena diakuinya, dirinya dan rekan-rekan telah lama ingin membentuk kelompok UMKM.

“Kalau saya pribadi senang karena ada pembentukan UKM karna membantu ibu-ibu yang usaha kecil. Kebanyakan usahanya kecil, lebih bagus gitu dibentuk kelompok gini. Biar bisa bantu perekonomian suami,”kuncinya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Dzl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved