Menggairahkan Pariwisata Kukar! Delapan Destinasi Wisata Segera Ditingkatkan Fasilitasnya

Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Akupedia.id, Tenggarong – Dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten Kukar telah merencanakan pengembangan pada delapan destinasi wisata kunci.

Destinasi wisata tersebut mencakup Waduk Panji Sukarame yang memesona, Planetarium Tenggarong yang edukatif, hingga Pulau Kumala yang memukau.

Selain itu, tempat-tempat unik seperti kawasan rekreasi Temanggungan, spot memancing yang menarik, monumen Tugu Equator yang menjadi ikon, Pantai Tanah Merah yang indah, dan daerah Pengempang yang asri juga akan mendapatkan peningkatan fasilitas.

Baca juga  Pemkab Kukar Buka Posko Aduan THR, Bisa Diakses Sampai H+7 Lebaran

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, M Ridha Fatrianta, pengembangan objek wisata tidak hanya bertujuan untuk menarik wisatawan, tetapi juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari delapan objek wisata yang ditetapkan, baru tiga di antaranya yang berhasil menghasilkan pendapatan bagi daerah, yakni Waduk Panji, Pulau Kumala di Kecamatan Tenggarong, dan Pantai Tanah Merah di Samboja.

Baca juga  Bontang Krisis Air Bersih, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp120 Miliar Bangun Instalasi Pengelolaan Air

“Kami berencana melakukan peningkatan di semua objek wisata yang ada. Hal ini bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kukar dan meningkatkan PAD,” ungkapnya.

Selain upaya peningkatan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga aktif dalam mempromosikan objek wisata di Kutai Kartanegara.

Dengan promosi yang intensif, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan dapat meningkat, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

Baca juga  Ikuti Pelatda, Pemkab Kukar Serahkan Uang Saku Untuk 115 Atlet

“Kami berharap bahwa pengembangan objek wisata ini akan memberikan dorongan positif bagi sektor pariwisata di Kukar dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: Reihan Noor

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved