Mengukir Sejarah Baru 40 Event Hebat di Kutai Kartanegara Tahun Ini!

Foto: ILUSTRASI- Event Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang berlangsung meriah di Kota Raja.
Foto: ILUSTRASI- Event Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang berlangsung meriah di Kota Raja.

Akupedia.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan rencana penyelenggaraan 40 event seru sepanjang tahun 2024! Kalender Event 2024 Kutai Kartanegara penuh dengan kegiatan yang bakal menghidupkan seluruh wilayah Kukar, dari pedalaman hingga pesisir, mulai dari tingkat kabupaten hingga kelurahan.

Dalam upaya memastikan suksesnya rangkaian event ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan menggandeng berbagai pihak, termasuk Kekraf Kukar, pelaku usaha, UMKM, seniman, dan budayawan.

Baca juga  Diskop-UKM Kukar Fasilitasi Website Khusus Produk UMKM Daerah

Menurut Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, pada lima tahun ke depan, akan ada total 100 festival dan event yang digelar. Fleksibilitas anggaran pun tersedia untuk memperkuat acara-acara tersebut, sesuai kebutuhan.

“Dalam program ini selama 2021-2026 akan ada 100 festival dan event yang diselenggarakan. Keinginan dari pimpinan kami juga bisa ditambahkan anggaran di Perubahan (APBD) kalau misalnya perlu penguatan event di K3F,” katanya.

Selain memberikan hiburan, penyelenggaraan event dan festival di Kukar juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan ekonomi kerakyatan. Dampak positifnya akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat, dengan harapan peningkatan kunjungan wisatawan, penggunaan homestay dan hotel, serta peluang bisnis untuk UMKM dan seniman lokal.

Baca juga  Menggerakkan Kreativitas Lokal Dispar Kukar Targetkan Pembentukan Kekraf di 8 Kecamatan

Dari 40 event yang akan digelar, beberapa di antaranya adalah Peringatan Peristiwa Merah Putih, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, dan Festival Budaya Kutai Adat Lawas. Untuk periode yang akan datang, Pemkab Kukar melalui Dispar Kukar telah menyiapkan rangkaian acara menarik seperti KFBN, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, dan Tenggarong Kutai Carnival.

Baca juga  Planetarium Tenggarong Akan Dihidupkan Kembali, Pemkab Kukar Libatkan UMKM dan Pelaku Seni

Sementara sebagian event sudah berlangsung, yang lain masih dalam proses persiapan. Semuanya siap memukau dan memeriahkan Kukar!

 

Penulis : Reihan Noor

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved