Data dan Informasi Terpadu di Tenggarong Seberang, Command Center Jadi Solusinya

Foto: Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar memiliki Command Center.(Ist)
Foto: Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar memiliki Command Center.(Ist)

Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki Command Center, yaitu sistem yang mengintegrasikan data dan informasi di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang. Command Center merupakan implementasi dari program Satu Data Indonesia (SDI) yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Kami ingin meningkatkan pelayanan publik, dengan data dan informasi yang valid, terpadu, dan mudah diakses. Command Center adalah inovasi yang kami hadirkan,” ujar Sekretaris Camat Tenggarong Seberang, Hendra Suryana, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga  Pemkab Kukar dan BULOG Berantas Stunting dengan Bantuan Beras 10 Kg per Bulan

Hendra adalah reformer (pembangun) inovasi yang mengikuti Diklat Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM) 3 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kajian Desentralisasi Otonom Daerah (KDOD) Samarinda. Ia mengajak seluruh UPTD di wilayahnya untuk terlibat dalam Command Center.

“Kami telah menyelenggarakan rapat sosialisasi dan menyusun draf perjanjian kerja sama dengan UPTD Pendidikan, UPTD Pertanian dan Peternakan, dan Penyuluh Pertanian dan Peternakan. Mereka antusias dan siap berkontribusi dalam Command Center,” papar Hendra.

Baca juga  40.000 Titik Jalan Poros di Kukar Akan Terang dengan LPJU, Dishub dan OPD Bersinergi

Hendra mengatakan, Command Center tidak hanya menguntungkan pemerintah, tetapi juga masyarakat.

“Masyarakat dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, akurat, dan transparan. Selain itu, Command Center juga dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah,” imbuhnya.

ADV/DiskominfoKukar

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved