Dukung Olahraga Spesial di Kukar

Foto: Kabupaten Kukar menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Spesial (PESODA) I.(Ist)
Foto: Kabupaten Kukar menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Spesial (PESODA) I.(Ist)

Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah meraih penghargaan dari Special Olympics Indonesia (SOIna), karena turut serta berkontribusi dalam pengembangan “olahraga spesial” di Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain itu, Pemkab Kukar juga dianggap sukses menggelar Pekan Olahraga Spesial (PESODA) I, 25-27 Oktober 2023.

Ketua SOIna Kaltim, Rohaini mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar dan panitia telah menyelenggarakan PESODA dengan baik.

Special olympic ini memberikan ruang untuk tunagrahita atau berkebutuhan khusus.

Baca juga  Desk Verifikasi Meta Data, Upaya Diskominfo Kukar Tingkatkan Akurasi Data

Ada berbagai cabor yang dimainkan, mulai sepak bola, bulu tangkis, renang hingga tari.

Ia kemudian berpesan agar pengurus SOIna Kabupaten/Kota yang baru dilantik agar segera membuat program kerja.

Menyampaikan sambutan Bupati Kukar, Edi Damansyah, Ahyani mengucapan selamat datang kepada Ketua Pengurus Pusat SOIna dan Ketua SOIna Kaltim, para Ketua/Manajer beserta atlet dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Menurutnya, PESODA menjadi bagian penting dari sistem pembinaan olahraga spesial, khususnya untuk menjaring bibit-bibit atlet berbakat, yang kemudian diproyeksikan untuk mewakili daerah masing-masing, mengikuti ajang olahraga di tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga  Waduk Panji Akan Jadi Destinasi Unggulan di Kaltim Berkat Perbaikan Serius

“Kita tentu berharap kegiatan ini dapat berlangsung baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan bersama,” harapnya.

Lanjut ia menjelaskan, kegiatan olahraga telah terbukti menjadi instrumen efektif bagi kemanusiaan, termasuk dalam pembentukan nilai dan karakter diri seseorang.

Olahraga mengajarkan tentang kedisiplinan, sportivitas, tidak mudah menyerah, semangat kompetitif yang tinggi, semangat bekerja sama, mengerti akan adanya aturan, serta berani mengambil keputusan.

Baca juga  TPA Baru Perlu Anut Sistem Pemilahan Jenis Sampah

Nilai diri dan karakter seperti ini tentu saja menjadi aset penting ketika menjalani berbagai aktivitas kehidupan.

“Karena itu saya memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas penyelenggaraan PESODA, dan berharap agar event ini maupun event olahraga lainnya dapat terus diselenggarakan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pemkab Kukar berkomitmen untuk mendedikasikan segala upaya untuk mendukung sepenuhnya program pembinaan dan pengembangan olahraga di Odah Etam, termasuk Olahraga Spesial.

ADV/DiskominfoKukar

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved