Kabupaten Kukar Siap Jadi Pelopor Pertanian Masa Depan

Foto: Plt Kepala Bappeda Kukar, Vanesa Vilna.
Foto: Plt Kepala Bappeda Kukar, Vanesa Vilna.

Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Sebuah terobosan besar di bidang pertanian akan segera terwujud di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk mewujudkan kawasan pertanian terintegrasi yang berkelanjutan dan efisien.

Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Sy Vanesa Vilna, mengumumkan rencana ambisius ini dalam rapat teknis pada Kamis (12/10/2023).

Baca juga  1000 RTLH di Kukar Dapat Perubahan, Pemkab dan TNI Kerjasama Perangi Kemiskinan

Menurutnya, program pertanian terintegrasi ini akan melibatkan seluruh rantai nilai pertanian, dari hulu hingga hilir.

“Kami ingin memberdayakan petani kami untuk tidak hanya sekadar menanam, tetapi juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan agroindustri, agrobisnis, agroteknologi, dan agrowisata,” ujar Vanesa.

Untuk mewujudkan visi ini, Pemerintah Kabupaten Kukar telah menetapkan lima kawasan prioritas, yaitu Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, Muara Kaman, dan Marangkayu.

Baca juga  Kota Bangun Darat Siap Gelar MTQ ke-44 Kukar, Rayakan Generasi Qurani

Salah satu fokus utama proyek ini adalah pengembangan lahan percontohan pertanian terintegrasi. Di sini, petani akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan menerapkan inovasi pertanian terbaru.

“Kami akan menyediakan pelatihan intensif kepada petani kami untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka,” tuturnya.

“Dengan demikian, kami berharap, petani kami akan menjadi agen perubahan dan Kabupaten Kukar akan menjadi pelopor pertanian masa depan,” tandasnya.

Baca juga  Pemkab Kukar dan BULOG Berantas Stunting dengan Bantuan Beras 10 Kg per Bulan

ADV/DiskominfoKukar

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved