Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah berpesan agar Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mahakam, terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.
Menurut Edi, belum maksimalnya pelayanan kepada masyarakat, harus disikapi dengan baik disertai data yang terperinci sehingga pada saat merencanakan kegiatan, layanan pada masyarakat bisa teratasi.
“Kita harus optimis layanan air bersih ini akan bisa diatasi dengan kerja bersama yang kita lakukan,” ucap Edi Damansyah.
Dalam Forum pelanggan dan sosialisasi penyesuaian tarif air minum Perumda Tirta Mahakam, di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Kamis (12/10/23), Edi Damansyah mengucapkan terima kasih kepada semua anggota forum yang telah setia untuk menjadi bagian dari pelanggan.
Ia berpesan agar para anggota bisa memahami kondisi situasi yang ada di internal Perumda Air Minum Tirta Mahakam, terutama infrastruktur, kapasitas dan kualitasnya.
“Kepada Dirut Perumda Air Minum Tirta Mahakam, saya minta forum ini tidak hanya diberi informasi berkaitan dengan tarif, namun forum pelanggan ini harus mendapatkan informasi yang utuh selain berkaitan dengan tarif sehingga nanti bisa memahami dan bisa menyampaikan kepada para pelanggan, sehingga forum pelanggan ini benar – benar berfungsi dengan baik,” jelas Edi.
Lanjut Edi menjelaskan, Pemkab Kukar dalam pengajuan kenaikan tarif selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian.
”Untuk itu kalau bicara tarif, kita juga bicara kualitas pelayanan. Dua hal yang tak terpisahkan. Kalau layanannya bagus meskipun tarif naik tidak akan bermasalah, namun jika layanan belum memenuhi standar, namun tarif naik pasti akan memunculkan masalah.”
Kenaikan tarif secara bertahap diketahui belum bisa menutup biaya operasional dari tahun ke tahun Perumda Tirta Mahakam.
Seperti yang diketahui bersama Perumda Tirta Mahakam ini tidak hanya mengejar profit, namun juga ada fungsi sosialnya.
“Sekarang biaya produksinya semakin besar, sehingga biaya yang ada tidak menutupi. Itulah harus dipahami bersama kepada perwakilan pelanggan ini agar bisa memberikan pengertian kepada pelanggan tentang kenaikan tarif ini,” ucapnya.
Diketahui, dari apa yang telah dikerjakan selama 2 tahun terakhir melalui program Kukar Idaman, infrastruktur relative terpenuhi, walaupun ada titik tertentu yang belum terjangkau.
Edi juga berpesan kepada Perumda Air Minum Tirta Mahakam agar memperbaiki kualitas produksi dan pelayanan, agar disosialisasikan dengan baik penyesuaian tarif supaya bisa berjalan dengan seimbang.
ADV/DiskominfoKukar/46