Kesederhanaan Wamenkumham RI Prof. Edward Cicipi Kotak Makan WBP Saat Kunjungan di Lapas Narkotika Samarinda

Foto: Wamenkumham RI Prof. Edward cicipi kotak makan WBP Lapas Narkotika Samarinda, Kamis (8/6/2023)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wakil Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Wamenkumham RI) Prof. Edward Sharif Heirej dorong Unit Pelaksana Tugas (UPT) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Samarinda, yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur, segera mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Demikian disampaikan Wamenkumham Prof. Edward saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Timur dalam rangkaian kegiatan bertajuk “Kumham Goes To Campus 2023”, di Universitas Mulawarman Samarinda, Kamis (8/6/2023).

Sejumlah UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Timur dikunjungi langsung oleh Wamenkumham Prof. Edward, salah satunya yakni Lapas Narkotika Samarinda yang terletak di Jalan Bayur, Kecamatan Samarinda Utara.

Baca juga  13 Grup Ramaikan Festival Begerakan Sahur, Tradisi Lokal di Kutai Kartanegara

Didampingi Kepala Bagian (Kabag) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur Jumadi. Wamenkumham Prof. Edward mengatakan, UPT Pemasyarakatan yang berada di Kota Tepian ini begitu luar biasa program pelayanannya, kebersihan dan lainnya.

“Saya berharap Lapas Narkotika bisa mendapatkan predikat WBK karena program kebersihan dan pelayanannya juga,” kata Prof. Edward.

Di sisi lain Wamenkumham sempat menyinggung overcrowded yang terjadi di Lapas Kelas II A Samarinda yang terletak di Jalan Awang Long.

“Lapas Kelas II A Samarinda itu kecil dan memiliki kapasitas 200-300 orang namun diisi sekitar 800 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” ungkap Prof. Edward.

Baca juga  Pemprov Kaltim Tingkatkan PAD Melalui IUPK, DPRD Kaltim Mendukung Penuh

“Tetapi saya mendengar bahwa pak wali menawarkan tempat untuk dilakukan relokasi. Semoga ini bisa bersama ditangani,” sambungnya.

Foto: Suasana saat Wamenkumham kunjungan di area Lapas narkotika samarinda didampingi Kalapas Hidayat dan Kabag Pemasyarakatan Jumadi

Dalam kesempatan itu juga, Prof. Edward mengapresiasi kinerja dari Lapas Narkotika Samarinda dalam pelayanannya, baik dari segi makanan, kesehatan, hingga program pembinaan lainnya.

Unik dalam kunjungan ini ialah terlihat kesederhanaan Wamenkumham RI Prof. Edward, ikut mencicipi makanan yang terkotak plastik berwarna cokelat yang akan dibagikan kepada para WBP Lapas Narkotika Samarinda.

Baca juga  Wakil DPRD Kaltim Samsun Rutin Lakukan Penyebarluasan Perda Bantuan Hukum

“Makanan enak, bumbu kare nya sangat terasa. Luar biasa,” kata Wamenkumham Prof. Edward.

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Samarinda Hidayat mengatakan, terkait apa yang menjadi masukan oleh pak Wamenkumham RI tentu akan pihaknya coba tingkatkan dengan maksimal.

Menjadi arahan khusus juga bahwa Lapas Narkotika Samarinda diminta untuk bisa segera WBK.

“Ya beliau sangat, mensuport untuk membangun zona integritas menuju WBK, yang dimana sekarang sudah mencapai TPN untuk mensiapkan penilaian tingkat nasional. Dan kami terus semangat,” tandasnya.


(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Frisca)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved