PAN Resmi Usung Rudy Mas’ud di Pilgup Kaltim 2024

Caption: Momen Ketua DPP PAN resmi memberikan dukungan pada Rudy Mas’ud Calon Gubernur Kaltim

Samarinda – Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi menetapkan Rudy Mas’ud sebagai bakal calon gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Pemilihan Gubernur 2024.

Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PAN Nomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/065/VI 2024. Selain Rudy Mas’ud, PAN juga mengusung Sekretaris DPD Partai Gerindra Kaltim, Seno Aji, sebagai bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Rudy Mas’ud.

Rudy Mas’ud, yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kaltim, mengonfirmasi dukungan ini pada Jumat, 7 Juni 2024. Ia menyebutkan bahwa rekomendasi dari DPP PAN telah diterima dalam bentuk dokumen B-1 KWK Parpol, yang nantinya akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Rencananya, kami akan mendaftar ke KPU Agustus mendatang,” ujarnya. Menurut jadwal tahapan pilkada, pendaftaran kandidat dimulai pada 27 Agustus dan berakhir pada 29 Agustus 2024.

Rudy menjelaskan bahwa hasil survei internal partai menunjukkan Seno Aji sebagai kandidat pendamping yang paling potensial. Selain dukungan dari PAN, Rudy Mas’ud juga telah mendapat mandat dari Partai Golkar untuk maju dalam Pilgub Kaltim.

Baca juga  Media Asing Soroti Dipilihnya Mahfud MD Sebagai Cawapres Ganjar

Dukungan tambahan diharapkan datang dari Partai Gerindra, mengingat Seno Aji merupakan kader dan sekretaris partai tersebut di Kaltim.

“Kami masih menunggu keputusan dari partai-partai lain. Beberapa partai yang saya tahu sedang mengadakan rapat pleno,” kata Rudy Mas’ud.

Ia menambahkan bahwa dukungan dari partai-partai Koalisi Indonesia Maju, yang mengusung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024, sangat diharapkan. Koalisi ini terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan Gerindra. Meski demikian, Rudy membuka pintu bagi partai lain yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan dirinya.

Dengan dukungan dari PAN dan Golkar, Rudy Mas’ud saat ini telah mengumpulkan 19 kursi dari total 55 kursi di DPRD Provinsi Kaltim, mengacu pada hasil Pemilihan Legislatif 2024. Jika dukungan dari seluruh partai dalam Koalisi Indonesia Maju tercapai, jumlah kursi yang dikumpulkan akan mencapai 31 kursi, jauh melebihi batas minimal 11 kursi yang diperlukan untuk maju sebagai calon gubernur.

Baca juga  Ananda Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Warga Kota Samarinda

Pengamat politik dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Jumansyah, menilai Koalisi Indonesia Maju memiliki potensi besar untuk berkoalisi kembali dalam pilkada serentak.

“Ada kepentingan nasional yang akan dipertaruhkan, terutama konsolidasi kekuatan politik hingga ke daerah,” ujarnya.

Meski begitu, Jumansyah tidak menutup kemungkinan adanya dukungan berbeda dari partai-partai di Koalisi Indonesia Maju, mengingat dinamika politik yang terus berkembang.

Isran Noor, yang sebelumnya mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres lalu setelah keluar dari Partai Nasdem, dinilai masih memiliki peluang untuk ikut serta dalam kontestasi politik di Kaltim.

“Selama menjabat sebagai gubernur, Isran menjalankan kebijakan yang sesuai dengan kepentingan pusat, salah satunya terkait pemilihan lokasi Ibu Kota Negara Nusantara,” tambah Jumansyah.

Dengan berbagai dukungan yang ada, Rudy Mas’ud dinilai telah memenuhi syarat untuk maju dalam Pilgub Kaltim 2024. Kini, bola ada di tangan partai-partai lain yang akan menentukan langkah selanjutnya dalam peta politik Kaltim.

Baca juga  DPRD Kaltim Dukung Peningkatan Guru BK untuk Kualitas Pendidikan

Sementara itu, dinamika politik di Kaltim semakin menarik dengan berbagai kemungkinan dukungan dari partai lain seperti PDIP yang memiliki sembilan kursi, PKB dengan enam kursi, PKS dengan empat kursi, Nasdem dengan tiga kursi, dan PPP dengan dua kursi. Dukungan dari partai-partai tersebut bisa menjadi faktor penentu dalam peta politik Pilgub Kaltim 2024.

Rudy Mas’ud menegaskan komitmennya untuk terus berkomunikasi dengan berbagai pihak guna memperkuat dukungan dan membangun koalisi yang solid.

“Yang penting adalah memiliki visi, misi, dan pandangan yang sama untuk kemajuan Kaltim,” tuturnya.

Dengan semakin dekatnya jadwal pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur, perhatian publik kini tertuju pada langkah-langkah selanjutnya dari para kandidat dan partai politik yang akan berpartisipasi dalam Pilgub Kaltim 2024.

Tim Redaksi Akupedia.id/FR

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved