Remaja Berkualitas, Cegah Stunting

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani.
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Samarinda menitikberatkan di sektor hulu atau pencegahan untuk menurunkan angka stunting. Hal ini disampaikan oleh Kepala DPPKB Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani.

Perempuan yang akrab disapa Ayu ini mengungkapkan, pihaknya menargetkan sasaran para remaja. Khususnya remaja yang berstatus pelajar SMP. Karena usia tersebut lah yang diperlukan untuk mempersiapkan masa-masa pubertas.

Baca juga  Bupati Kukar Hadiri Reuni Akbar Perdana IKA Fatek Unikarta

Pihaknya melakukan berbagai upaya untuk bisa menciptakan remaja yang berkualitas. Salah satunya membentuk kelompok-kelompok remaja dan Duta Genre (Generasi Berencana).

“Kita terus sosialisasikan hidup berencana itu keren. Kalau kita merencanakan hidup, otomatis nanti ke depannya hidup kita lebih bahagia dan lebih sejahtera. Jadi anak-anak ini perlu mengerti bagaimana hidup yang berencana itu,”ungkap Ayu.

Baca juga  Kemeriahan Pesta Laut Pesisir dan Tradisi Budaya Kukar Bersama Wakil Bupati Rendi Solihin

Materi yang terus menjadi tajuk utama sosialisasi DPPKB bersama Duta GenRe ialah membuat para remaja membiasakan diri dengan budaya berencana. Dimana ia perlu memiliki tahapan hidup. Tahapan sekolah, tahapan kuliah, tahapan kerja, hingga barulah tahapan untuk memikirkan pernikahan.

“Saya yakin dengan adanya rencana dalam hidup, otomatis lebih sejahtera hidupnya. Daripada nggak ada rencana sama sekali dan malah mengambil pergaulan yang salah,”tegasnya.

Baca juga  Ananda Senam Cinta Sehat Bersama Warga Sungai Pinang Samarinda

DPPKB dengan menggandeng TP PKK Samarinda terus melakukan sosialisasi ke SMP di Kota Samarinda demi menggaungkan remaja berkualitas.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved