Pemkot Samarinda Bakal Dapat Bantuan Rekomendasi Pengelolaan Sampah Ala CRIC

Foto : Wali Kota Samarinda, Andi Harun.
Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, bakal mendapatkan bantuan rekomendasi pengelolaan sampah dari Asia Climate Resilient and Inclusive Cities (CRIC). Hal tersebut usai melakukan pertemuan di Anjungan Karang Mumus Balaikota Samarinda pada Senin, (20/2/2023).

Andi mengungkapkan, pihak CRIC ingin mengetahui permasalahan dasar pengelolaan sampah yang dihadapi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda selama ini.

Baca juga  Komisi IV DPRD Kaltim Harap Penyaluran BKT Tepat Sasaran dan Prioritaskan Pelajar Kurang Mampu

“Mereka ingin melihat problem-problem dasar, problem-problem utama dalam hal pengelola sampah kita bahas tadi semuanya mulai dari TPA, TPS, pemilahan sampah,” ungkapnya.

Andi mengakui bahwa masih banyak perilaku warga yang kerap membuang sampah di sungai sehingga menyebabkan meningkatnya jumlah sampah berceceran di sungai. Selain itu pula, ia menyampaikan pencanangan Pemkot Samarinda tentang pengolahan sampah menjadi energi terbaharukan.

Baca juga  Penanganan Khusus TPPS Samarinda Kepada Orangtua ODGJ

Usai diskusi panjang, pihak CRIC akan melakukan diskusi internal terkait permasalahan sampah di Samarinda. Setelah itu, CRIC bakal memberikan saran atau rekomendasi pengelolaan sampah yang relevan dan terbaik.

“Nanti akan menjadi bahan diskusi di CRIC untuk kita diberi semacam saran dan masukan bagaimana model sistem pengelolaan sampah di Samarinda yang relevan dengan problem-problem tersebut,” tandasnya.

Baca juga  Komisi IV Minta Efektivitas Anggaran Dinsos Demi Tekan Jumlah Anjal

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya