Taman Cerdas Kantongi Predikat Ruang Bermain Ramah Anak

Taman Cerdas Kantongi Predikat Ruang Bermain Ramah Anak.
Taman Cerdas Kantongi Predikat Ruang Bermain Ramah Anak.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Taman Cerdas mendapatkan predikat sebagai Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tanpa Perbaikan. Keputusan ini melihat hasil audit selama dua hari oleh Tim Auditor RBRA Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (KemenPPA). KemenPPA mengumumkannya pada Rapat Hasil Keputusan Audit dan Ruang Bermain Anak (RBA) Taman Cerdas di Balaikota Samarinda pada Jum’at, (17/2/2023).

Lead Auditor RBRA KemenPPA, Hendy Tamara mengakui bahwa Taman Cerdas mendapatkan skor penilaian tertinggi setelah Kota Denpasar.

Baca juga  Samsun Respon Temuan Tambang Batu Bara Koridoran di Sepaku Penajam Paser Utara

“Kota Samarinda masuk skor penilaian tertinggi setelah Kota Denpasar dalam rentang skor 418 hingga 510 dengan total akhir nilai skor 466. Ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang juga ingin menuju Kota Layak Anak Tingkat Utama,”katanya.

Ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk mendorong, memantau dan melakukan perbaikan di Taman Cerdas untuk memenuhi 13 indikator penilaian.

Dalam rapat tersebut, dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkot Samarinda Herry Suriansyah. Ia menyatakan Pemkot Samarinda berkomitmen untuk menjaga Kota Samarinda sebagai Kota Layak Anak (KLA). Salah satu perwujudannya ialah ada RBRA.

Baca juga  Komisi II Tampung Aspirasi Warga Demi Raperda UMKM

“Sebagai pewaris bangsa yang memikul tanggung jawab besar maka Negara harus menjamin dan melindungi anak dan hak anak, agar dapat tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal, sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya,”terang Herry.

Ditambahkan pula oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Deasy Efriyani, pihaknya bersyukur atas penghargaan yang diberikan KemenPPA. Ia mengakui pihaknya meyakini akan mendapatkan anugerah tersebut.

Baca juga  Serahkan Bacaleg Ke KPU, Sigit Wibowo Optimis Raih 8 Kursi DPRD Kaltim

Walaupun telah mendapatkan predikat tertinggi, Deasy memastikan pihaknya tidak akan berhenti di situ. Lantaran, dari Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Ananta Fathurrozi menginginkan agar Taman Cerdas bisa menjadi pilot project dan ikon di Kaltim. “Kita ingin agar Taman Cerdas bisa menjadi one stop service dan one stop destination bagi masyarakat,”tutupnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya