Kukar Terpilih Jadi Tuan Rumah Diklat Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Senkom Rescue Kaltim Tahun 2022

Bupati Kukar Edi Damansyah menyambut para peserta Diklat Senkom Rescue Kaltim (Portalborneo.or.id)
Bupati Kukar Edi Damansyah menyambut para peserta Diklat Senkom Rescue Kaltim (Portalborneo.or.id)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih jadi tuan rumah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Senkom Rescue Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2022. Edi Damansyah, selaku Bupati Kukar secara resmi membuka kegiatan yang diselenggarakan di Kolam Renang Junjung Buyah Komplek Stadion Rondong Demang, Kecamatan Tenggarong, Sabtu (15/10).

Pemangku jabatan Bupati itu menyampaikan apresiasi serta penghargaan atas berjalannya kegiatan Diklat Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Senkom Rescue. Banyak kontribusi yang telah diterima masyarakat dari Senkom dalam menanggulangi bencana sebagai mitra Polri.

Baca juga  Muhammad Samsun Dukung Penuh Program Pemprov Kaltim, Pembukaan Lahan Pertanian 1.000 Hektare

“Pelatihan ini juga bagian dari peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi Senkom,” tutur Edi.

Pemkab Kukar turut menghimbau berkomitmen dalam membantu kemajuan Senkom. Nantinya pihak Pemkab akan melaksanakan diskusi guna membuat Senkom berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat terjadi melalui Memorandum of Understanding (MoU).

“Kami bakal berikan dukungan dari APBD Kukar. Oleh karena itu diperlukan kerjasama ini. Karena di Kukar masih terdapat kawasan banjir, tanah longsor dan kebakaran pemukiman. Jadi memang perlu ke siap siagaan, dengan adanya Senkom Kukar otomatis bisa berpartisipasi dalam memberikan kontribusi terhadap kejadian kebencanaan,” imbuh Edi.

Baca juga  Kelurahan Loa Ipuh Jaga Kebersihan Anak Sungai, Cegah Banjir dan Lestarikan Ekosistem

Dodit Kusnianto, selaku Ketua Umum Senkom Mitra Polri Provinsi Kaltim juga berlega hati atas berjalannya kegiatan Diklat Senkom Rescue Provinsi Kaltim. Dengan rincian peserta sebanyak 64 personil dari 8 Kabupaten/Kota Kaltim selama tiga hari. Dodit berharap kegiatan ini berjalan mulus, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi daerah di kemudian hari.

“Kami tetap akan bersinergi dan bersilaturahmi kepada semua stakeholder yang ada di Kabupaten/Kota. Untuk tetap bisa meningkatkan kapasitas kinerja anggota di masing-masing daerah. Harapannya semua anggota kita bisa memberikan kontribusi kepada daerahnya masing-masing sehingga bisa bermanfaat untuk nusa dan bangsa,” tutupnya.

Baca juga  Kunjungi Kukar, Isran Noor Bahas Putri Ariani dan Samakan Kota Bangun dengan New York

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved