Blank Spot Daerah Berambai Akhirnya Teratasi, Wali Kota Samarinda Resmikan 3 Program unggulan

Wali Kota Samarinda Andi Harun, beri sambutan saat meresmikan 3 program unggulan.
Wali Kota Samarinda Andi Harun, beri sambutan saat meresmikan 3 program unggulan.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun, bersama Kepala Dinas (Kadis) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Meresmikan Free Wifi, program Sosial Serial Number (SSN), dan Early Warning System (EWS).

3 peresmian tersebut merupakan program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kegiatan ini bertempatan di Masjid Babul An Nur, Jalan Inpres, daerah Berambai, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara, Selasa (16/8/2022).

Berambai merupakan daerah pinggir Samarinda bagian utara yang berdekatan dengan perbatasan Kutai Kartanegara (Kukar). Sehingga Berambai termasuk daerah blank spot (tidak tersentuh signal).

Oleh sebeb itu bagi masyarakat sekitar, dapat menggunakan fasilitas free wifi yang dipusatkan di Gazebo samping Masjid Babul An Nur.

Gazebo Free Wifi, samping Masjid Babul An Nur Jalan Inpres, daerah Berambai, Samarinda Utara.

“Walupun belum bisa menggunakan Jaringan GSM untuk menelepon, saat ini masyarakat sudah bisa telepon melalui Via WA WhatsApp. Sekaligus anak-anak sekolah bisa menggunakan Free wifi yang ada di berambai ini,” ujar Andi Harun, kepada awak media usai kegiatan peresmian.

Baca juga  Wisata Sejarah Berkembang Pesat di Samarinda: Pembangunan Dermaga Wisata di Masjid Tua Siratal Mustaqim Jadi Sorotan!

Pria yang kerab di sapa AH itu, menjelaskan mengapa lokasi Berambai yang menjadi pilihan untuk diberikan fasilitas free wifi.

“Ini bagian dari janji saya saat kampanye, dan memang disini (Berambai) kasihan, perlu perhatian. Padahal jaraknya dengan kota sangat dekat, tetapi mereka (masyarakat Berambai) belum menikmati sarana internet,” ucapnya.

Dirinya pun menjelaskan, banyak pertimbangan yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk berlangganan wifi.

Sehingga masyarakat sekitar belum bisa berlangganan untuk wifi dipasang di rumah masing-masing. Walaupun jarak tempuh daerah Berambai termasuk dekat antar kota, tetapi memakan waktu 30 menit ke kawasan tersebut, dan perjalanan menuju ke kawasan tersebut termasuk susah ditempuh. Menjadi sulit digapai para pengusaha provider internet.

Baca juga  DKP Kukar Hadirkan Lomba Masak Bertema Ikan Guna Menanggulangi Stunting

“Akhirnya kita mendapat bantuan dari ICON+. Nah sekarang masyarakat dapat berlangganan untuk memasang wifi di rumahnya. Saya dapat laporan sudah ada 30 rumah warga yang berlangganan,” tuturnya.

Gelaran ini berguna untuk meratakan pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Tepian. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memacu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama putra-putri kita yang ada disini,” harapnya.

PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) merupakan Entitas Anak PT PLN (Persero), yang berfokus pada komersial Network (Jaringan) untuk sistem komunikasi.

Adapun 3 program unggulan Pemkot Samarinda, ialah Sosial Sekuriti Number (SSN) yang dapat disebutkan sebagai Bantuan Sosial (Bansos) berbasis moderen.

Baca juga  Terus Merakyat, Samsun Kunjungan Ke Gapoktan Desa Bukit Pariaman

Program SSN yang merupakan kegiatan unggulan Pemkot, bekerjasama dengan dua perusahaan untuk mensukseskan gelaran tersebut. Diantara dua perusahaan tersebut ialah Perumda Varia Niaga dan BanKaltimtara.

Kemudian diantar ke 3 program unggulan salah satunya Early Warning System (EWS), merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya.

Dengan memberikan pemberitahun atau signal, seperti alaram peringatan (sirine) atau kentongan, untuk memberi informasi bahwa akan terjadi bencana alam disekitar masyarakat setempat.

Pemkot Samarinda memasang EWS di Bendungan Benanga Lempake, apabila terjadi kelebihan muatan debit air secara auto matis alaram peringan EWS akan berbunyi untuk memberikan peringatan terhadap warga setempat.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved