Jelang Hari Raya Idul Fitri, Wali Kota Bandung Terjaring OTT KPK

Foto: Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, terjaring OTT KPK. (Radar Bogor)

Portalborneo.or.id – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjaring pejabat pada Operasi Tangkap Tangan (OTT), Jumat (14/4/2023).

Kali ini, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana terjaring OTT KPK, padahal Mulyana baru menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Kembang selama 2 tahun.

Yana Mulyana terjaring OTT KPK bersama sekitar 9 orang lainnya, dengan dugaan korupsi berupa suap pengadaan CCTV serta jaringan internet.

Saat ini, ia bersama sejumlah orang lainnya dari Dinas Perhubungan dan pihak swasta sudah berada di Gedung Merah Putih Jakarta, markas KPK, untuk menjalani pemeriksaan.

Baca juga  Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik UKPBJ Proaktif

“Kami punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status mereka yang terkena OTT di Kota Bandung semalam karena dugaan korupsi pada pengadaan CCTV dan jaringan internet di program Bandung Smart City,” ungkap Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri, dikutip dari Kompas.com.

Sebelum jadi Wali Kota, Mulyani merupakan Wakil dari Wali Kota Bandung Kota Oded M. Danial yang wafat pada Desember 2021.

Kemudian, ia ditunjuk jadi Plt Wali Kota Bandung berdasarkan Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 39/HM.07/Pem.Otda, yang dikeluarkan 10 Desember 2021 yang diteken oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Baca juga  Andi Harun Sebut Probebaya Miliki Manfaat Besar Pada Lingkungan Masyarakat

Dilansir dari situs resmi pemerintah Kota Bandung, Yana Mulyana dikenal sebagai seorang pebisnis yang juga getol di dunia olahraga.

Lahir di Kota Bandung, Jawa Barat pada 17 Februari 1965, Yana Mulyana baru terjun ke dunia politik lewat Partai Gerindra.

Bisnisnya malang melintang di Kota Kembang, di antaranya, sebagai pendiri Radio Rase FM dan sejumlah usaha properti.

Selain itu, Ia dikenal aktif di sejumlah organisasi masyarakat, profesi, dan olah raga.

Dalam dunia bisnis, pria yang akrab disapa Kang Yana ini didapuk menjadi pengurus teras di organisasi pengusaha di Bandung.

Ia jadi Bendahara KNPI Jabar (1991-1997), Wakil Ketua HIPMI Jabar (2000-2006) dan Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar (2009-2013).

Baca juga  Ratusan Nelayan Kukar Melarung di Pesta Laut Pesisir Nusantara

Kang Yana juga dikenal sebagai orang yang aktif di dunia olahraga dan sempat jabat beberapa sejumlah posisi penting.

Ia pernah menjadi Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Barat (2009-2013) dan Ketua Askot PSSI Bandung (2014-2018), serta menjabat lagi pada 2018-2020 lalu.

Dalam laman instagramnya, ia juga kerap membagikan kegiatannya saat bersama tim Liga 1, Persib Bandung.

Pada Pilkada Serentak 2024 nanti, ia juga disebut-sebut bakal maju lagi sebagai Wali Kota Bandung.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Dzl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved