Strategisnya Desa Loa Duri Ilir yang Ditunjuk Sebagai Desa Bersih Narkoba di Kukar

Foto: Kepala Desa Loa Duri Ilir, Fakhri Arsyad.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi pilot project Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Penunjukan tersebut tak terlepas dari beberapa penangkapan pelaku penyalahgunaan narkoba di Desa Loa Duri Ilir.

Kepala Desa Loa Duri Ilir, Fakhri Arsyad mengatakan, wilayahnya merupakan gerbang atau jalur pertemuan tiga daerah, Samarinda-Kukar-Balikpapan.

Hal ini berimbas pada banyaknya manusia yang berkumpul atau tinggal. Hampir setiap tahunnya, lanjut Fakhir, pelaku narkoba yang tertangkap di wilayahnya.

Baca juga  Lapas Kelas IIA Samarinda Ajukan Grasi 8 Napi Divonis Seumur Hidup ke Presiden

Oleh sebab itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kutai Kartanegara (Kesbangpol Kukar) menetapkan Desa Loa Duri Ilir sebagai Desa Bersinar.

“Loa Duri Ilir ini gerbang ada di antara jalur segitiga emas. Makanya dari pihak Kesbangpol menunjuklah salah satu desa di Kukar termasuk Loa Duri Ilir yang ditargetkan bersih dari narkoba,” kata Fakhri, Rabu (12/4/2023).

Baca juga  Menikmati Keindahan dan Kesejukan Alam di Kalimantan Timur

Pihaknya telah membentuk tim untuk menjalankan program dan kegiatan bersinar. Serta membentuk tim khusus yang menangani terkait penindakan dan rehabilitasi.

Kemudian melakukan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di kelompok masyarakat dan sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat.

“Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Desa Bersinar itu di bawah (tanggung jawab) kepala desa bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan BNK Kabupaten,” lanjutnya.

Baca juga  Sani Jelaskan Pemkot Samarinda Seharunya Beri Pembinaan Kepada Badut Jalanan

Kegiatan rutinnya, kata Fakhri, seperti memberikan sosialisasi, screnning uji narkoba, pengambilan sampel dan melakukan negosiasi dengan orang tua yang anaknya disinyalir terpapar Narkoba.

“Kalau anaknya disinyalir dan takut menghadap, maka kami akan mengakomodir untuk mengarahkan ke rehabilitasi untuk ke pencegahan,” tandasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Int)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved