Wabup Kukar Rendi Solihin Salurkan Bantuan Perikanan ke Masyarakat Loa Kulu

Foto: Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin Salurkan bantuan 28.000 Kg, Pakan Ikan 2400 Kg, 540 Roll Kawat Tempirai di Kecamatan Loa Kulu Jumat (05/05/2023)

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin menggelar silaturahmi, sekaligus penyerahan bantuan perikanan kepada masyarakat di Kecamatan Loa Kulu, Jumat (5/5/2023).

Terdapat setidaknya empat kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Kukar, di antaranya KUB Cahaya Ketari (Desa Rempanga), Pokdakan Lamin Manila Sejahtera (Desa Sepakat), KUB Putra Mahakam (Desa Loa Kulu Kota) dan Pokdakan Mina Mitra Jaya (Desa Loa Kulu Kota).

Masing-masing kelompok berhak menerima bantuan berupa 7.000 Kg pakan dan 600 Kg indukan ikan dan 140 Roll Kawat Tempirai.

Total Keseluruhan Bantuan Yakni, 28.000 Kg, Pakan Ikan 2400 Kg, 540 Roll Kawat Tempirai yang disalurkan oleh pihak Pemerintah Kutai Kartanegara di Kecamatan Loa Kulu.

Baca juga  Ranperda RTRW Kaltim Sah Menjadi Perda, Kabupaten/Kota Diminta Mengikuti

Dengan bantuan tersebut, diharapkan perkembangan budi daya perikanan dapat berkembang pesat dan bisa menjadi komoditi andalan di Kukar.

Rendi Solihin menjelaskan, hampir di setiap kecamatan terdapat potensi perikanan dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Di wilayah pesisir misalnya, di sana terdapat nelayan tangkap, budi daya Udang Windu dan rumput laut.

Lalu di wilayah tengah, terdapat budi daya keramba, begitu juga dengan di wilayah hulu.

“Kukar punya potensi di sektor perikanan, dan nelayan kita juga tersebar hampir di setiap kecamatan,” tutur Rendi.

Lanjut Rendi menjelaskan, dari anggaran di sektor perikanan, sebagian diperuntukan untuk kelompok nelayan di tiga zona wilayah tersebut.

“Bantuan ini merata untuk setiap kecamatan yang memiliki kelompok nelayan, artinya tidak ada kecamatan yang mendominasi,” ungkapnya.

Baca juga  Kelurahan Loa Ipuh Jaga Kebersihan Anak Sungai, Cegah Banjir dan Lestarikan Ekosistem

Sementara itu, Ketua Pokdakan Mina Mitra Jaya, Novirisantoro mengaku lega akhirnya bantuan yang ditunggu-tunggu dapat terealisasi.

Menurutnya, bantuan pakan dan indukan ikan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan budi daya masyarakat yang tergabung dalam kelompoknya.

“Kami bersyukur berkat progam dan bantuan dari Wakil Bupati, Pak Rendi Solihin, kami akhirnya bisa mendapatkan pakan dan indukan yang berkualitas,” tuturnya.

Dia menilai, bantuan indukan ikan yang diberikan Pemkab Kukar, merupakan indukan dengan mutu dan kualitas yang bagus.

Nantinya, indukan ikan yang ada akan dijadikan sebagai benih, lalu benih yang dihasilkan akan menjalani proses kawin silang agar menghasilkan indukan yang berkualitas.

Baca juga  Deni Hakim Menghimbau Masyarakat Kota Samarinda, Agar Tak Gegabah Menanggapi Kasus Gagal Ginjal Pada Anak

“Dengan ini kami bisa memperbaiki mutu dan kualitas ikan kami yang alami penurunan. Kami optimis ke depan perkembangan budi daya perikanan di Kukar akan berkembang pesat.”

“Ini ikan Nila, indukannya dari Kalimantan Selatan. Ini indukan unggul yang diberikan kepada kami,” sambungnya.

Ke depan, pihaknya berharap agar bisa mendapatkan bantuan berupa mesin pengolahan pakan ikan.

Karena menurutnya, 70 persen biaya produksi dihabiskan untuk pakan ikan.

Dengan adanya mesin pengolahan pakan ikan, Ia dan anggota Pokdakan Mina Mitra Jaya, bisa secara mandiri memproduksi pakan ikan.

“Ya, mungkin bisa dibantu mesin pengolahan pakan ikan, jadi bisa produski secara mandiri,” pungkasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Dzl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved