Tiga OPD Kukar Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Satu Data Indonesia

Foto: Kolaborasi tiga OPD Kukar di Desk verifikasi Metadata Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.(Ist)
Foto: Kolaborasi tiga OPD Kukar di Desk verifikasi Metadata Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.(Ist)

Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar, dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar mengadakan acara Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023 di Hotel Harris, Kota Samarinda, pada tanggal 9 Oktober 2023.

Acara ini bertujuan untuk menyelaraskan dan meningkatkan kualitas Satu Data Indonesia (SDI) di tingkat daerah.

Baca juga  Afif Akan Segera Menindak Lanjuti Keluhan Warga Lempake Samarinda

Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023 dibuka oleh Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, dan melibatkan kolaborasi intensif antara pembina data, walidata tingkat daerah, waludata pendukung, dan produsen data.

Forum satu data dibentuk untuk menyepakati daftar data yang akurat, dengan walidata memastikan bahwa semua data memenuhi standar SDI.

Baca juga  Desk Verifikasi Meta Data, Upaya Diskominfo Kukar Tingkatkan Akurasi Data

Saiful Bahri, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kukar, menekankan pentingnya pemilihan data yang cermat.

“Dalam era di mana data merupakan aset berharga, memahami mana data yang relevan adalah kunci dalam pengambilan keputusan yang tepat. SDI bukan hanya tentang pengelolaan data yang efisien, tetapi juga tentang bagaimana kita memilih data dengan cerdas untuk mendukung perencanaan dan kebijakan yang berbasis bukti,” terangnya.

Baca juga  Kades Margahayu Terinspirasi Pembangunan Desa dan Budaya di Tiongkok

“Dalam konteks ini, kami harus fokus pada data yang mendesak, data yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan data yang diperlukan untuk merumuskan rencana dan anggaran secara akurat,” tambahnya.

ADV/DiskominfoKukar

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved