Mengatasi Keterbatasan Akses dengan Teknologi: Langkah Syarifatul Sya’diah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Anggota DPRD Kalimantan Timur, Syarifatul Sya’diah (Ist)

akupedia.id, Samarinda– Syarifatul Sya’diah, anggota DPRD Kalimantan Timur dari Fraksi Golkar, bertekad mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Melalui program digitalisasi, ia berupaya menembus batasan geografis dan memberikan peluang belajar yang lebih luas bagi anak-anak di daerah terpencil dengan memanfaatkan teknologi.”

Syarifatul menjelaskan bahwa langkah pertama yang diambil adalah distribusi seribu laptop untuk para guru dan pemasangan seribu titik WiFi di daerah-daerah dengan koneksi internet yang terbatas. Inisiatif ini diharapkan dapat memperlancar proses pembelajaran dan mempermudah siswa dalam mengakses materi pembelajaran daring.

Baca juga  Ajak Generasi Muda Berpartisipasi di Proyek IKN, Anggota DPRD Kaltim Sebut Ini Kesempatan Emas

“Melalui fasilitas ini, kami ingin memastikan anak-anak di daerah terpencil memiliki kesempatan yang setara dalam memperoleh pendidikan, meski terbentang jarak geografis yang jauh,” ujar Syarifatul pada (08/11/2024).

Ia menambahkan bahwa teknologi memainkan peran penting dalam pembelajaran modern, terlebih di era digital ini, di mana ujian berbasis komputer dan sistem pendidikan berbasis teknologi semakin diterapkan. Program ini tidak hanya bertujuan untuk memudahkan proses belajar-mengajar, tetapi juga mempersiapkan siswa agar mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga  Samsun: Jelang Pembangunan IKN, Bumi Etam Optimalkan Sektor pariwisata, pertanian, jasa

“Pendidikan berbasis teknologi adalah kunci untuk memastikan anak-anak kita siap menghadapi tantangan global. Mereka harus mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

DPRD Kaltim optimis bahwa inisiatif ini akan menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperbaiki kualitas pendidikan di seluruh wilayah Kaltim, khususnya di daerah-daerah yang selama ini terabaikan.

Baca juga  Penyesuaian Kurikulum SMK untuk Ketahanan Pangan Kaltim

“Melalui digitalisasi pendidikan, kami berharap kesenjangan akses pendidikan di daerah-daerah terpencil dapat segera diatasi,” tutupnya.
Penulis : Reihan Noor

Berita Lainnya