Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

Teks Foto: Suasana Kegiatan Rembuk Pendidikan Kaltim 2023, yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 27 - 28 Oktober 2023, di Hotel Novotel Balikpapan kalimantan Timur.

Akupedia.id, Balikpapan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) baru-baru ini menggelar Rembuk Pendidikan Provinsi Kaltim Tahun 2023 dengan tema yang ambisius, “Pendidikan untuk Aklerasi Transfortasi Peradapan Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045.”

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 2023, di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, M Kurniawan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan Rembuk Pendidikan ini adalah untuk menyatukan semua pemangku pendidikan dan kebudayaan, sehingga mereka dapat bersinergi dalam merumuskan strategi yang akan mendukung program peningkatan pendidikan dan kebudayaan di Kalimantan Timur.

Baca juga  Ananda Moeis: Kaltim Bergelora Menangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD

“Meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pendidikan dan kebudayaan juga menjadi fokus utama,” kata M.Kurniawan.

Dasar hukum penyelenggaraan Rembuk Pendidikan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.

Baca juga  Lapas Kelas IIA Samarinda Ajukan Grasi 8 Napi Divonis Seumur Hidup ke Presiden

M Kurniawan menjelaskan bahwa harapan dari kegiatan Rembuk Pendidikan ini adalah merumuskan rencana aksi konkret yang akan membangun jaringan kerja yang kuat antara pemangku pendidikan dan kebudayaan.

“Rencana ini juga akan mempromosikan kerjasama yang konstruktif dalam upaya meningkatkan pendidikan di seluruh Provinsi Kalimantan Timur,” jelas M.Kurniawa dalam acara yang dihadiri sekitar 70-80 peserta tamu undangan.

Acara ini mendapat dukungan dari Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Akmal Malik, yang membuka acara melalui zoom meeting.

Baca juga  Sapto Bicara Peningkatan Layanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan

Pj Gubernur memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Rembuk Pendidikan ini dan menegaskan komitmen pemerintah dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 melalui peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan di Kalimantan Timur.

Dengan semangat yang tinggi, Provinsi Kalimantan Timur siap berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui perkembangan pendidikan yang berkualitas dan peningkatan peradaban masyarakat setempat.

Tim Redaksi Akupedia.id.

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved