Warga Sanga-sanga Pesisir Nikmati Bantuan Tandon Air Bersih dan Coolbox Dari Pemkab Kukar

Foto : Pemkab Kukar Berikan bantuan Tandon dan Coolbox di Kecamatan Sanga-sanga

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa tandon dan coolbox.

Penyaluran bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin kepada penerima manfaat di Kecamatan Sanga-sanga, Rabu (7/6/2023).

Terdapat sekitar 200 masyarakat di lima kelurahan memperoleh bantuan tandon dan coolbox.

Rendi Solihin menjelaskan, bantuan tandon diperuntukan kepada masyarakat pra sejahtera guna memenuhi kebutuhan air bersih, yang dapat dijadikan sebagai wadah penampungan untuk jangka waktu lama.

Baca juga  Persoalan Banjir Kecamatan Samarinda Utara Diakibatkan Aktivitas Galian Pasir

“Dari pendataan kami, memang warga hanya memiliki drum-drum saja untuk menampung air bersih, dan itu tidak mencukupi untuk kebutuhan berbulan-bulan. Bantuan tandon ini juga sebagai persiapan menghadapi musim kemarau, agar masyarakat tetap memiliki stok air bersih,” ungkap Rendi Solihin.

Selain itu, bantuan tandon juga diberikan karena masih terdapat rumah warga yang belum terjangkau air bersih PDAM.

“Tapi ini hanya salah satu kriteria. Jadi, jika ada warga pra sejahtera rumahnya sudah dialiri air PDAM, tetap berhak mendapatkan bantuan ini,” tuturnya.

Baca juga  26 Desa dan Kelurahan di Kukar Bakal Diterangi Lampu Jalan Tahun Ini

Sedangkan bantuan coolbox, Rendi menyebut bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

“Ini memang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan nelayan. Selain alat tangkap, perahu, mereka juga butuh coolbox,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Kelurahan Sangasanga Muara, Sariyanto mengungkapkan, bantuan tandon yang diberikan Pemkab Kukar sangat membantu masyarakat dalam memenuhi tempat penampungan air bersih.

“Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. Air di daerah kami ini asam, jadi warga sangat tergantung dengan air hujan, apalagi PDAM belum masuk, jadi sangat tepat dengan adanya bantuan tandon ini,” tuturnya.

Baca juga  Kaltim Tempati Peringkat 4 Nasional Penerapan Demokrasi di Indonesia

Selain itu, ia juga berharap agar Pemkab Kukar dapat menyediakan akses jalan, karena selama ini warga di lingkungan RT-nya menggunakan jalan Pertamina untuk aktivitas sehari-hari.

“Daerah kami agak terisolir, mudah-mudahan ke depannya ada jalan umum untuk warga di sini, karena selama ini kami hanya lewat di jalan milik Pertamina, melewati pipa-pipa Pertamina,” harapnya. (*)

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved