Wali kota Samarinda Minta Depo BBM Cendana Segera di Pindah

Foto : Wali Kota Samarinda, Andi Harun.
Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan melakukan pemindahan Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina yang berada di Jalan Cendana.

Pernyataan tersebut menyusul peristiwa terjadinya kebakaran besar di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta, yang menewaskan belasan orang pada 3 Maret 2023 lalu. Jika ditelisik, letak lokasi Depo Pertamina Plumpang dengan Depo Pertamina Cendana sama. Lantaran berlokasi di tengah kawasan padat penduduk.

Baca juga  Bersama Rakyat Samboja, DPC PDI-Perjuangan Kukar Bersih-Bersih Rumah Ibadah

Depo Pertamina Cendana sendiri dikelilingi 6 RT yaitu RT 18, RT 37, RT 39, RT 27, RT 40 dan RT 16. Hal inilah yang membuat orang nomor satu di Kota Samarinda menginginkan pemindahan depo tersebut.

Diakuinya, pencanangan pemindahan depo tersebut telah ada sejak lama. Namun, hingga di bawah kepimpinannya, belum terealisasi. “Izin lokasi sudah tahun lalu sudah lebih dari cukup. Bahkan saya anggap layak, makanya saya setujui di lahan itu. Kan bertahun-tahun juga tidak pindah.”

Baca juga  Pemkot Samarinda Siap Laksanakan Audit Lapangan RBRA KemenPPPA Pekan Depan

“Sampai sekarang belum pindah-pindah juga. Saya minta konsisten izin lokasi sudah ditandatangani,”kata Andi Harun.

Belum terealisasinya pemindahan Depo Cendana ini, lanjut Andi, menjadi kendala bagi Pemkot Samarinda dalam proses penanganan banjir di sektor Sungai Karang Asam Kecil lantaran adanya saluran pipa Pertamina.

Ia meyakini pemindahan Depo Cendana menjadi solusi terbaik agar peristiwa Depo Plumpang di Jakarta bisa dicegah. “Harusnya pindah, kasus Plumpang jadi pelajaran berharga,”tandasnya.

Baca juga  Filosofi Ketupat: Dikenalkan Sunan Kalijaga, Jadi Media Penyebaran Agama Islam

(Tim Redaksi Portalboreno.or.id/ Sya)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved