Dapat Laporan Warga, Wali Kota Langsung Tinjau Lokasi Longsor di Perum Korem

Wali Kota Samarinda, Andi Harun Tinjau Lokasi Longsor Perumahan Korem.
Wali Kota Samarinda, Andi Harun Tinjau Lokasi Longsor Perumahan Korem.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Beberapa waktu lalu, Wali Kota Samarinda Andi Harun mendapatkan laporan warga terkait peristiwa longsor di kawasan Perumahan Korem yang berlokasi di Jalan Gunung Kapur, Lempake.

Tak lama-lama, wali kota pun langsung melakukan tinjauan lapangan pada Senin, (27/2/2023). Dalam peninjauannya, Andi langsung mengecek ke lokasi penyebab longsor. Bahkan dirinya pun masuk ke gorong-gorong tersebut.

Usai menelaah, ia menyatakan bahwa terjadinya longsor disebabkan kolam retensi jebol yang seharusnya berfungsi untuk menangkal air hujan untuk langsung bersentuhan dengan tanah, malah membuat tanah terkikis.

Baca juga  Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Rahmat Kawal Bantuan Sarana Usaha Perikanan

“Ternyata di situ ada kolam retensi atau polder yang jebol. Sehingga air itu tidak ada lagi dinding penahan dan menyebabkan terkikisnya tanah,”ungkapnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana untuk memasang retaining wall guna menahan tanah agar tidak terjadi longsor kembali. Meskipun begitu, ada kendala yang dihadapi. Pihaknya harus segera menangani kendala di fasum perumahan terdahulu. Pasalnya, fasum perumahan tersebut masih belum diserahkan pada pemerintah.

Baca juga  Menghitung Untung Rugi Batu Bara Bagi Ekonomi Kaltim di 2023

“Saya minta dua belan ke depan fasumnya diserahkan kepada Pemkot agar kita bisa masuk di situ dalam hal mengelola menggunakan APBD,”lanjutnya.

Disinggung mengenai alokasi dana, Andi bakal melihat besaran nilai APBD Perubahan Tahun 2023 terlebih dahulu.

“Karena untuk menggunakan dana tidak terduga, dalam peraturan kita harus menimbulkan korban, jadi kalau tidak menimbulkan korban tidak bisa. Jadi nanti kita lihat, skema apa yang akan kita pakai untuk bisa menanggulangi sementara.”

Baca juga  Kasus Luhut vs Haris Azhar-Fatia Memasuki Sidang Perdana di PN Jakarta Timur

“Jadi dalam waktu dekat akan kita pasang retaining wall sambil menunggu APBD masuk,”tutupnya.(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved