Selama Sepekan, DPK Kaltim Banyak Terima Sumbangan Buku Dari Individu

Portalborneo.or.id, Samarinda – Selama sepekan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terima sumbangan buku dari individu masyarakat untuk dibaca bersama di perpustakaan yang terletak di Jalan Ir.H.Juanda, Samarinda.

Koleksi buku yang semakin banyak, membuat pemustaka semakin terpenuhi mendapatkan ilmu pengetahuan. Pustakawan DPK Kaltim, Patimah Irny menuturkan dalam sepekan 3 hingga 5 orang menyerahkan bukunya untuk DPK Kaltim.

“Sangat senang melihat antusias masyarakat. Target dalam satu tahun 20 judul buku dapat kita peroleh. Penyerahan pun termasuk dalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 mengenai serah simpan Karya Cetak Karya Rekam,” papar Irny.

Baca juga  Afif Soroti Persoalan Jukir Liar Kota Samarinda

Patimah mengatakan, meskipun peraturan tersebut di titik beratkan pada penerbit, banyak penulis Kalimantan Timur yang menghasilkan karya buku yang dapat dihimpun oleh DPK Kaltim agar karya miliknya mendapatkan ruang untuk diperkenalkan kepada pemustaka dan masyarakat salah satunya melalui perpustakaan DPK Kaltim.

“Alhamdulillah beberapa orang pun, menyerahkan secara kesadaran. Untuk penulis Kaltim pun kita berharap ke depannya juga memberi tempat bagi mereka untuk memperbanyak jumlah buku mereka ke depannya,” kata Irny.

Baca juga  Nursobah Usul Pemprov Kaltim Pasang WiFi di 100 Ruang Publik

Bila masyarakat ingin menyerahkan  buku miliknya, DPK Kaltim dengan terbuka menerimanya. Buku-buku yang disumbangkan walau dalam keadaan rusak ringan hingga sedang sekali pun akan melalui tahapan reparasi atau perbaikan oleh DPK Kaltim agar dapat dibaca dalam kondisi yang layak.

Mengutip data koleksi bahan perpustakaan DPK Kaltim, terdapat 45.000 judul buku di perpustakaan DPK Kaltim, 17.116 merupakan koleksi e-book. Adapun jenis buku yang tersedia yakni bergenre karya umum, agama, bahasa, ilmu terapan, sastra, fiksi, dan koleksi perpustakaan keliling.

Baca juga  Prof Arief Hidayat Resmi Kukuhkan DPC PA-GMNI se-Kaltim

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved