DKP Kukar akan Serahkan Bantuan Langsung Tunai Untuk 14 Ribu Nelayan

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Asli Husaini. (Istimewa)
Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Asli Husaini. (Istimewa)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yang diawasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) agendakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 14 ribu masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Tujuan diserahkannya BLT ini guna mengembangkan kapasitas nelayan yang tergolong kecil. Tindakan ini juga diharapkan mampu mengentaskan angka kemiskinan di wilayah Kukar.

Baca juga  Hari Pers Nasional 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Mbeko Bersama Wartawan

Asli Husaini, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, DKP Kukar mewatarkan bahwasanya data yang dirilis oleh APBD Kukar menunjukkan terdapat sekitar Rp 15 miliar bantuan yang diperuntukkan khusus bagi nelayan. Dana bantuan ini rencananya ditujukan kepada Kecamatan Muara Kaman, Samboja dan Loa Janan.

“Perorangan akan menerima BLT sekitar Rp 350 ribu per bulan, selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember,” ungkap Asli Husaini.

Baca juga  Ini Penjelasan Sekjen PDI Perjuangan Soal Pelaporan Megawati Ke Komnas HAM Perempuan

Nantinya penerima bantuan ditetapkan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Oleh sebab itu, Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan penyelarasan bersama dengan Dinas Sosial dengan harapan penerima mampu membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) guna memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan saat mencari ikan.

“Istilahnya meringankan nelayan dalam hal BBM-nya,” imbuhnya.

Baca juga  Bertemu Kemendagri, Pemkot Samarinda Siapkan Usulan Penunjang IKN

DKP turut merancangkan pelatihan yang menargetkan masyarakat yang bersemayam di daerah perairan. Dalam hal ini beberapa materi pelatihan yang disuguhkan berupa perbaikan mesin beserta pembuatan bahtera.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved