Tarik Wisatawan, Dispar Kukar Canangkan Pembangunan Waterboom di Pulau Kumala

Foto: Pulau Kumala.
Foto: Pulau Kumala.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) merancangkan pembangunan terpopuler Kukar yakni waterboom di Pulau Kumala. Destinasi Wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) secara perlahan mulai berbenah sejak September lalu.

Slamet Hadiraharjo, selaku Kadispar Kukar menyebut Pulau Kumala memiliki daya tarik tersendiri, hal ini yang membuat pihaknya berkomitmen untuk membenahi Pulau Kumala. Walaupun rencana tersebut sempat terhambat, namun masyarakat lokal maupun luar Kukar masih antusias mengunjungi Pulau Kumala.

Baca juga  Polres Kutim Gelar Upacara Dan Syukuran Peringati HUT Bhayangkara Ke-77

Slamet turut membeberkan kini pihaknya tengah mematangkan rancangan pembangunan wahana rekreasi untuk menghadirkan kembali ketenaran Pulau Kumala setelah sebelumnya diungkap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

“Kalau disetujui tahun depan, kami akan lakukan perencanaan sekalian pembangunan,” ungkap Slamet, Selasa (25/10).

Slamet mengakui pihaknya masih minim akan referensi terkait konsep yang menunjukkan keunikan serta ciri khas yang dihasilkan, sehingga proses pembangunan akan ditinjau kembali secara internal bersama dengan jajaran Dispar. Pembangunan waterboom ini bukan semata wayang untuk menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pulau Kumala, melainkan untuk menarik investor juga.

Baca juga  Jalan Ring Road 2 Samarinda Kembali Dibuka

“Selain menambah daya tarik wisata ini juga untuk menarik investor. Karena yang menjadi penyebab investor kurang adalah daya jualnya. Tapi dengan penambahan wahana otomatis lebih menyedot wisatawan,” terangnya.

Dispar Kukar memutuskan membangun wahana rekreasi waterboom karena letak geografis Kukar yang diarungi Sungai Mahakam membuat masyarakat tak luput dari air. Masyarakat yang sebelumnya berenang di tepi sungai, kini dapat merasakan sensasi berbeda ketika berenang di waterboom. Dispar Kukar melakukan terobosan baru dengan menciptakan wahana rekreasi waterboom untuk kali pertama di Tenggarong jika rencananya dapat terealisasikan.

Baca juga  Afif Tampung Keluhan Warga Sempaja Barat Saat Reses Masa Sidang III Tahun 2022

“Semoga kedepan bisa kolaborasi dengan OPD lain yang bisa menambah daya tarik Pulau Kumala,” tutup Slamet.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved