Hadiri Festival Kebudayaan di Jakarta, Samsun: Dalang Kaltim Tidak Kalah Hebat

Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim sekaligus Wakil Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kaltim Muhammad Samsun turut menghadiri festival Dalang Anak Nasional Tahun 2022 di Plaza Taman Fatahilah, tepat di depan Museum Wayang Kota Tua, Jakarta.

Festival tersebut merupakan agenda yang digelar langsung oleh Pepadi Pusat dalam rangka menguatkan budaya atau pemelestarian wayang di tingkat anak-anak. Ini berlangsung mulai (22/9/2022) hingga (24/9/2022) dan dihadiri oleh masing-masing perwakilan Pepadi daerah dari seluruh Indonesia.

Baca juga  Gubernur Kaltim Isran Noor, Lantik 14 Pejabat Baru Eselon II

“Kaltim mengirim satu wakil dalang cilik yang beradal dari Penajam Paser Utara (PPU) bernama Bintang Kondang (12),” sebut Samsun saat memberikan keterangan pada awak media, Sabtu (24/9/2022).

Samsun mengatakan, kehadirannya adalah bentuk menyemangati dalang cilik Kaltim untuk tampil dengan performa maksimal.

Samsun mengaku dalang Kaltim tidak kalah hebat dari dalang nasional. Baik anak sampai dewasa. Dalang di Kaltim yang mayoritas etnis Jawa peseni budaya wayang sangat diminati dan banyak penggunaannya. Bahkan hampir setiap minggu pasca pandemi Covid-19 ini selalu ada pementasan wayang kulit.

Baca juga  Umur TPA Bekotok Tenggarong Masih Enam Tahun Lagi

“Hanya memang di Kaltim masih kurang dalang yang mengorbit atau dalang yang berkembang di Kaltim,” tutur Samsun.

Samsun menambahkan, memang ada tokoh dalang muda di Kaltim seperti di Bontang dan Kutai Kartanegara namun hanya beberapa saja, begitu juga di Kota Samarinda yang salah satunya adalah Wahyu Sri Kuncoro. Maka dari itu profesionalitas dalang di Kaltim perlu di asah dan dikembangkan.

Baca juga  Warga Jember Ngopi Bareng Cak Samsun di Tenggarong

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Fris)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved