BUMDes Sumber Purnama di Loa Sumber Jalankan Program Makmur Idaman

Foto : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama mendapatkan amanah untuk menjalankan Program Makmur Idaman.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama mendapatkan amanah untuk menjalankan Program Makmur Idaman.

Program ini memastikan agar Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang menjalin komitmen dengan BUMDes Sumber Purnama bisa terjamin. 

Mulai dari proses olah-lahan hingga pasca panen. Bahkan, bila terjadi gagal panen, petani tetap ikut dijamin oleh BUMDes karena Gapoktan sudah diasuransikan.

Baca juga  Wakil Rakyat Fraksi PDI Perjuangan Kaltim Sebut Persoalan Jalan Nonstatus di Mahakam Ulu Butuh Perhatian Pusat

Persoalan pupuk, hingga permasalahan hama juga akan ditanggulangi bersama. Caranya dengan menggandeng tenaga ahli yang kompeten dari pihak ketiga.

“Intinya warga petani kita sosialisasikan dan buat kesepakatan dan sampaikan program kita,” kata Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno.

Tak cuma itu, Program Makmur Idaman juga akan menangani permasalahan harga gabah yang sering kali dipusingkan oleh petani, saat masa panen tiba.

Baca juga  Satpol PP Samarinda Sita Ratusan Botol Miras Tekan Kriminalitas Jelang Pergantian Tahun

Harga gabah yang kerap kali merosot bisa ditekan, dan diberikan harga standar yang tentunya tidak merugikan para petani.

“Tidak menyulitkan dan menguntungkan petani,” ujarnya. 

Dengan program yang dijalankannya, BUMDes Sumber Purnama bisa dikatakan sukses menjalankan perannya.

BUMDes yang memang bergelut di bidang pertanian ini, memilih fokus memproduksi beras. Pemasarannya pun sudah menyasar toko-toko retail di Kukar. 

Baca juga  12.000 Satgas dari Sabang-Merauke Ikuti Apel Akbar HUT PDIP Ke-50

Sukirno menyebut, awalnya BUMDes yang dikelola desanya ini berkonsep agrosolution. Namun, seiring waktu berjalan, mereka mulai menjalankan program Makmur Idaman. 

Kegiatan ini dijalankan dengan melakukan kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

“BUMDes Sumber Purnama sendiri intinya pembinaan dan pemberdayaan kepada petani dan memberikan solusi-solusi dan jawaban kendala masalah petani di Loh Sumber,” pungkasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Int)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved