Ahyani Sebut Pembangunan Tahap II Pasar Tangga Arung Akan dimulai Pada April 2024

Foto: Pembangunan tahap dua Pasar Tangga Arung di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan dilanjutkan kembali pada April 2024.
Foto: Pembangunan tahap dua Pasar Tangga Arung di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan dilanjutkan kembali pada April 2024.

Akupedia.id, TENGGARONG- Pembangunan tahap dua Pasar Tangga Arung di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan dilanjutkan kembali pada April 2024.

Hal ini disampaikan Asisten II Setkab Kukar, Ahyani, bahwa saat ini pembangunan untuk tahap dua masih dalam proses lelang dan akan dirampungkan administrasinya pada bulan maret ini.

Selain itu, terkait rincian total pembangunan Pasar Tangga Arung tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp400 miliar pada tahap pertama, dan Pemkab Kukar juga sudah mengalokasikan dana sebesar Rp157 miliar melalui APBD 2023 untuk pembangunannya.

Baca juga  Khawatir Omzet Anjlok, Pemkab Kukar Gratiskan Sementara Lapak Pedagang

Dirinya menargetkan, bahwa bangunan tersebut akan menampung sebanyak 700 pedagang dan akan rampung di akhir tahun 2024. Kemudian, akan di tempati pada awal 2025 mendatang.

“Waktunya sangat mepet, jika lama-lama pasti akan mundur pemindahan pedagangnya, jadi kita mengikuti tahun anggaran saja, jadi l kalau mengikuti tahun anggaran itu harusnya sudah selesai,” terangnya kepada wartawan Minggu (3/3) siang tadi.

Baca juga  DPD PDI Perjuangan Kaltim Sambut Positif Penetapan Ganjar Pranowo Sebagai Capres, Samsun: Sesuai Aspirasi Rakyat

Disamping itu, untuk saat ini Pemkab Kukar juga tengah fokus untuk melakukan pembahasan terkait relokasi pedagang ke wadah baru yang telah disiapkan.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun, ada sebanyak 358 pedagang akan di pindah ke lapangan pemuda, dan 139 pedagang di pasar Mangkurawang II.

“Targetnya, pedagang-pedagang yang berada di kawasan Pasar Tangga Arung harus dipindah sebelum memasuki bulan puasa. Nah untuk sisanya yang belum Itu mungkin dalam waktu dekat kita akan proses,” tegas Ahyani.

Baca juga  Semarak Festival Cenil di HUT ke-40 Desa Kota Bangun III, Libatkan Masyarakat Kukar

Kemudian ia melanjutkan, bahwa sebagian pedagang terkait proses pemindahannya sudah dibantu oleh pemerintah. Dan sebelumnya, untuk relokasi dilakukan dengan jumlah 360 pedagang dan saat ini masih terisisa sebanyak 343 pedagang.

“Untuk setengahnya sudah berangkat, sisanya saja lagi yang belum. Masih kita carikan alternatif untuk prosesnya. Mungkin dalam waktu dekat kita akan proses,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved