Subandi Harap Imigrasi Tidak Kecolongan Kelolosan TKA

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi menghadiri Upacara dan Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di Halaman Kanwil Kemenkumham Kaltim pada Kamis, (26/1/2023). Ia memiliki harapan tersendiri kepada Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Subandi mengungkapkan, usia 73 tahun bukanlah usia yang muda. Sehingga, ia berharap keimigrasian semakin menunjukkan profesionilitas dalam pelayanan kepada publik. Khususnya, masyarakat Kota Tepian.

Baca juga  Pabrik Rumput Laut Modern di Kukar, Tingkatkan Produksi dan Pelatihan Petani

“Karena imigrasi ini salah satu institusi penjaga kedaulatan, senantiasa mengasah dan meningkatkan produktivitasnya untuk menjaga kedaulatan NKRI. Terkhusus lagi pelayanan terkait dengan keimigrasian. Ada visa, paspor dan sebagainya,” ungkap Subandi.

Ia juga memberikan beberapa catatan. Salah satunya adalah banyaknya penyalahgunaan izin turis yang semakin marak. Banyak kasus yang seharusnya hanya turis, tetapi diloloskan menjadi tenaga kerja asing (TKA). Bahkan, ada isu TKA yang tujuan awalnya kunjungan dinas beralih menjadi karyawan tetap.

Baca juga  Pemkot Samarinda Lirik Potensi Bisnis Bersama INSA Samarinda

“Saya berharap imigrasi semakin cermat berhati-hati jangan kecolongan lagi. Jika semuanya tidak sesuai ketentuan, maka saya berharap imigrasi bertindak tegas agar tidak terulang kembali,”tegasnya.

Ia menitikberatkan bahwa pihak keimigrasian harus meningkatkan pelayanan sebaik-baiknya dan menjaga profesionalitasnya demi kedaulatan serta kemajuan Indonesia.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Sya*)

Berita Lainnya