Kenapa Hari Pertama April Dikenal sebagai April Mop?

April Mop.
April Mop.

Jakarta – Setiap tahun, tepat setiap tanggal 1 April, dunia dipenuhi dengan banyak tawa, kebohongan, dan kekonyolan bagi sebagian orang yang merayakannya. Ya, itu adalah April Mop, hari di mana lelucon dan tipuan menjadi tradisi yang meriah di seluruh dunia.

Tapi, apa sebenarnya yang membuat hari ini begitu istimewa? Mari kita ulas!

Asal-usul April Mop sebenarnya memang tak sepenuhnya jelas, akan tetapi banyak teori yang mengalir di media sosial mencoba untuk menjelaskan perayaan April Mop di seluruh dunia.

Salah satunya, dengan mengaitkan perayaan April Mop ini dengan perubahan kalender dari Julian ke Gregorian pada abad ke-16, di mana dalam Kalender Julian, tahun baru biasanya dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April. Sedangkan di Kalender Gregorian, awal tahun baru itu dimulai pada 1 Januari.

Baca juga  HokBen Hadir di Bigmall Samarinda, Harga Terjangkau dan Banyak Promo Menarik

Orang-orang yang terlambat mengetahui perubahan kalender ini tak sadar bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari. Mereka pun terus merayakan tahun baru pada minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April.

Orang-orang yang masih merayakan tahun baru pada tanggal lama ini pun dianggap konyol dan menjadi sasaran lelucon hingga mereka pun dijuluki “April Bodoh”.

Meski April Mop memiliki akar yang tak pasti, perayaan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya di berbagai belahan dunia. Di Prancis, misalnya, mereka memiliki tradisi menyebut orang yang ditipu sebagai “ikan April” (poisson d’avril), mengacu pada ikan yang mudah tertipu.

Baca juga  11 Tahun Menanti, Pemkab Kukar Guyur Rp5,5 Miliar Perbaiki Jalan Desa Tani Bhakti

Tak hanya itu, di Skotlandia, April Mop juga dikenal sebagai Hari Gowkie, menandakan orang bodoh.

Seiring berjalannya waktu, lelucon April Mop berkembang menjadi tipuan yang semakin rumit. Bahkan media massa seperti surat kabar, radio, televisi, dan internet turut serta merayakan hari ini dengan menyajikan berita palsu yang tampak meyakinkan.

Ironisnya, terdapat perusahaan besar yang ikut berpartisipasi dalam lelucon ini dengan mengumumkan produk palsu atau fitur baru yang absurd.

Baca juga  Hasil Survei: Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf, Tingkat Kepuasan Capai 70,1%

Walau awalnya April Mop mungkin dimulai sebagai tradisi sederhana, namun banyak orang yang masih merayakannya dan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Mereka paham, bahwa April Mop adalah hari yang memungkinkan orang untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas dan masalah sehari-hari, dan hanya fokus pada kekonyolan dan tawa.

Jadi, meskipun banyak yang mungkin terjebak dalam lelucon April Mop setiap tahunnya, keceriaan yang dibawa membuatnya layak dirayakan.

Semoga, April Mop tetap diisi dengan tawa, kekonyolan, dan kenangan yang tak akan terlupakan!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved