Sukses Gelar IKAMBA Kaltim Cup 2023, Masyarakat Antusias Harap Terus Dilaksanakan

Foto: Penyematan medali terhadap pemenang IKAMBA Cup 2023.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Ikatan Keluarga Besar Manggarai Barat (IKAMBA) Kalimantan Timur (Kaltim) sukses menggelar turnamen Sepak Bola Cup Tahun 2023, sekaligus memperebutkan Piala Bergilir Asosiasi Kota (Askot) PSSI Samarinda di Lapangan Kali Manis GP Samarinda, Minggu (28/5/2023).

Ketua IKAMBA Kaltim Paulinus Dugis, mengungkapkan turnamen Sepak Bola ini telah diikuti sekitar 24 tim, terdiri atas warga berdarah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kesempatannya juga, Paulinus Dugis menyampaikan rasa syukurnya karena IKAMBA Cup 2023 dapat berjalan lancar dan mendapat antusias tinggi dari masyarakat.

“Kami bersyukur, bahkan dari ribuan masyarakat yang hadir, di lapangan bersorak ingin agar IKAMBA Cup bisa terus berlangsung setiap tahunnya,” kata Paulinus Dugis.

IKAMBA Cup 2023, merupakan gelaran turnamen olahraga kali kedua yang digelarkan. Tahun ini sendiri, pelaksanaan IKAMBA Cup berlangsung kurang lebih dua bulan, sejak Bulan Maret lalu hingga penutupan hari ini.

Baca juga  Encik Wardani Dilantik Sebagai Anggota DPRD Kaltim Dalam Rapat Paripurna ke-39 Gantikan Masykur Saiman

Paulinus Dugis yang juga merupakan Advokat alias Konsultan Hukum tersebut menerangkan bahwa, digelarnya IKAMBA Cup seyogianya untuk menjaga tali silaturahmi antar warga NTT yang berada di Benua Etam. Ini sejalan juga dengan program kerja IKAMBA bidang Pemuda dan Olahraga.

“Bahwa walaupun ini merupakan paguyuban warga tanah Manggarai, namun tentunya tidak melupakan warga diluar wilayah Manggarai. Artinya IKAMBA Cup sebagai ajang silaturhami semua, terlebih warga NTT yang berada di Kaltim,” kata Paulinus.

Foto: Ketua Askot PSSI Kota Samarinda, H. Joha Fajal.

Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda sekaligus Ketua Askot PSSI Kota Samarinda priode 2020-2024, H.Joha Fajal mengapresiasi IKAMBA Cup yang kembali dilaksanakan.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Ikamba, ini adalah satu-satunya kegiatan turnamen yang dilaksanakan oleh suka atau kesukuan yang sudah dilaksanakan 2 kali, alhamdulillah berjalan dengan baik, aman tidak pernah terjadi sesuatu,” kata H.Joha Fajal.

Baca juga  Pancasila Landasan Negara Indonesia, DPD PDIP Kaltim Gelar Upacara Penghormatan

H.Joha Fajal juga menyinggung, kalau Paulinus Dugis merupakan salah satu pengurus PSSI Samarinda di Bidang Hukum. Kemudian melihat kemampuannya karena telah melaksanakan turnamen cup selama dua kali berturut-turut, dan jika bisa kembali dilaksanakan hingga tahun berikutnya, maka tidak perlu diragukan lagi untuk bisa mencalonkan diri sebagai Ketua PSSI Samarinda mendatang.

“Kalau berbicara tentang pembiayaan, mungkin olahraga adalah paling besar biayanya. karena melibatkan satu tim itu 20 orang minimal,,” kata H.Joha Fajal.

“Tadi saya sudah menyampaikan, kalau ini 2 kali melaksanakan. Jika di tahun 2024, artinya ke 3 kali. Tentu Ketua Ikamba itu sudah bisa mencalonkan diri sebagai Ketua PSSI Samarinda. Saya kira potensi itu ada,” sambungnya.

Baca juga  DPRD Susun Raperda UMKM, Wujudkan UMKM Berdaya Saing

Sementara menyinggung potensi tim pemenang piala bergilir untuk direkrut PSSI Samarinda, H.Joha Fajal menegaskan, itu memang sudah menjadi pertimbangan pihaknya dan masih dalam tahap seleksi.

Tidak lupa hadir memeriahkan penutupan IKAMBA Cup 2023 ialah tarian-tarian asal NTT. Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kaltim H. A. Jawad Sirajuddin sekaligus Ketua Kerukunan Keluarga Besar Makassar (KKBM) berharap, seperti ini dapat terus berjalan dan bisa menjadi contoh terhadap paguyuban lainnya.

“InshaAllah kedepan akan ada yang bisa menyentuh turnamen seperti ini. Saya juga melihat ada banyak tarian budaya yang ditampilkan. Tentu ini bentuk memelihara budaya agar berkesinambungan,” tandasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Frisca)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved