Kesbangpol Kukar Masuki Kawasan Sekolah Guna Beri Pendidikan Politik dan Kebangsaan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kukar, Rinda Desianti.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kukar, Rinda Desianti.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Sejumlah Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali hadirkan pendidikan politik kepada anak-anak yang duduk dibangku SMA/SMK sederajat. Pendidikan ini diadakan secara bertahap kepada sekolah yang didatangi. Selain itu, kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan ketika upacara sekolah.

Rinda Desianti, selaku Kepala Badan Kesbangpol Kukar menyampaikan bahwasanya pendidikan ini diadakan karena tahun politik kian mendekat. Nantinya siswa akan diberikan pemahaman terkait kebangsaan, revitalisasi Pancasila, dan bela negara bagi mereka yang akan menjadi pemilih pemula.

Baca juga  Masuki Bulan Ramadhan, Disdukcapil Akan Menyesuaikan Jam Operasional

“Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Indonesia bakal mendapat bonus demografi termasuk juga di Kukar. Banyak pemilih pemula potensial yang memiliki hak suaranya. Hal ini menjadi alasan utama kujungan ke sekolah kembali dilakukan,” kata Rinda.

Hadirnya edukasi terkait politik kepada generasi muda dapat membantu siswa-siswi dalam memahami pengetahuan dasar sebelum memberikan hak suara pada Pemilu nanti. Nantinya mereka diharapkan agar mengerti ilmu politik serta bagaimana peran politik terhadap pembangunan daerah.

Baca juga  Setujui Pembentukan, Samsun: Pansus Batubara Menjawab Kewajiban Perusahaan

Edukasi terkait pendidikan politik di sekolah ini hanyalah tahapan awal saja. Tentunya Rinda pun sadar akan adanya rintangan yang harus dihadapi untuk mengadakan edukasi agar pemilih pemula membuka wawasannya terhadap dunia politik.

“Banyak tantangan agar pemilih pemula di Kukar melek politik, terutama arus informasi dari media sosial (medsos) yang sangat banyak. Sehingga tugas dari pemerintah dari instansi terkait untuk ikut gencar mensosialisasikan hal serupa,” tutupnya.

Baca juga  Berikan Keterampilan Baru, Distranaker di Kukar Akan Gelar Pelatihan

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved