Dispar Kukar Rancangkan Pemetaan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten di Wilayah Hulu

Desa Ekowisata Pela, Kecamatan Kota Bangun (Portalborneo.or.id)
Desa Ekowisata Pela, Kecamatan Kota Bangun (Portalborneo.or.id)

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) sedang menyiapkan rancangan pemetaan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) untuk wilayah hulu seperti Kecamatan Kota Bangun, Muara muntaim, dan Muara Wis yang mempunyai potensi di sektor pariwisata.

Slamet Hadiraharjo, selaku Kadispar Kukar menginformasikan program ini menyesuaikan rancangan induk pembangunan pariwisata nasional. Sehingga rancangan yang berdasar kepada Perda di tahun 2016 silam akan disesuaikan kembali dengan kondisi lapangan.

Baca juga  Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

“Kita lakukan pemetaan, dengan harapan dapat memajukan perkembangan sektor pariwisata di Kukar,” tutur Slamet.

Dispar bersama dengan OPD lain telah melakukan kontak untuk mendapatkan masukan dan informasi. Sehingga nantinya menjadi langkah demi mengindahkan KSPK.

Potensi wisata hulu mahakam Kukar terbilang menjanjikan. Karena di daerah tersebut terdapat destinasi wisata seperti Tanjung Sarai, Air Terjun Kedang Ipil, Desa Ekowisata Pela, Danau Semayang, dan Melintang. Kendatipun begitu, destinasi dengan potensi yang besar itu terhalang kendala berupa akses yang masih belum layak untuk dilalui.

Baca juga  Kokohkan Pondasi Indonesia, Ananda Masif Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kota Samarinda

“Jika berharap destinasi itu mendapatkan keuntungan banyak otomatis infrastruktur dibantu. Jadi koneksi jalan besar ke jalan kecil itu nyaman jalanannya. Wisatawan pastinya akan mendatangi lokasi itu. Makanya kami perlu kolaborasikan ini,” tutupnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved