Rusmadi Bersama Disdamkarla Meluncurkan Kampung Tangguh Kebakaran

Foto : Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso (kanan), didampingi Kadis Damkarla Samarinda, Hendra AH (kiri).
Foto : Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso (kanan), didampingi Kadis Damkarla Samarinda, Hendra AH (kiri).

Portalborneo.or.id, Samarinda – Upaya pencegahan peristiwa kebakaran yang kerab terjadi di Kota Samarinda. Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarla) meluncurkan Kampung Tangguh Kebakaran.

Kampung Tangguh Kebakaran, berlokasi di Jalan Jelawat, Gang 9, RT 04, Kelurahan Sidomulyo, peluncuran pada Kamis (20/10/2022).

Dihadiri oleh Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso, sekaligus meresmikan program dalam penanganan dan pencegahan kebakaran di kota ini.

Rusmadi sapaan karibnya mengatakan, peresmian program ini sangat sejalan dengan kegiatan unggulan Pemkot Samarinda, ialah Probebaya.

Baca juga  Wali Kota Samarinda Diberi Gelar Kehormatan Suku Dayak "Amai Beluluq Lingau"

“Porgram ini sesuai dengan kegiatan unggulan pemerintah kota. Apalagi kita memiliki program Probebaya,” tutur Rusmadi.

Selain itu dirinya menyampaikan, Kampung Tangguh Kebakaran merupakan upaya pemerintah kota untuk mengajak masyarakat dalam mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan.

“Misalnya keluar rumah harus semua sudah mati listrik apa segala macam, selain hemat di kantong ini juga menyelamatkan bukan saja rumahnya, keluarganya tetapi ini menyelamatkan masyarakat secara luas,” terangnya.

Baca juga  Wujudkan KLA Kota Samarinda, Sopian : Tegakkan Perda No.7 Tahun 2017

Wakil Walikota Samarinda menyarankan, pada kawasan permukiman yang memiliki kerawanan akan kebakaran, sebaiknya memiliki papan pengumuman yang sederhana sebagai pengigat serta sosialisasi untuk penanganan dan pencegahan.

Bukan hanya itu saja, Disdamkarla Samarinda bersama masyarakat telah memasang alat penanganan kebakaran, seperti Hydrant kering dari depan gang menyusuri pemukiman Jelawat Gang 9 tersebut.

“Ini inovasi yang kita anggap tepat ya, sesuai dengan persoalan yang dihadapi oleh Kota terutama untuk daerah-daerah yang berpemukiman padat, perlu dilanjutkan ke permukiman lainya.” imbuhnya.

Baca juga  Pemkab Kukar Apresiasi Perusahaan Sawit, Edi Damansyah: Investasi Harus Berkembang

Diungkapkan oleh Kadis Damkarla Samarinda, Hendra AH menambahkan, program tersebut telah direncakan jauh hari. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan berhenti pada peermukiman jalan Jelawan Gang 9 ini saja, melainkan daerah lain yang padat penduduk serta rawan terjadi kebakaran.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Nfl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved