DPD PDI Perjuangan Kaltim Sambut Positif Penetapan Ganjar Pranowo Sebagai Capres, Samsun: Sesuai Aspirasi Rakyat

Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Ganjar Pranowo resmi ditetapkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDIP, mendapatkan respon positif dari para pengurus partai di tingkat daerah, tak terkecuali dari Kalimantan Timur (Kaltim).

DPD PDIP Kaltim menilai, salah satu dasar dipilihnya Ganjar Pranowo sebagai capres, yakni karena aspirasi dari masyarakat.

“Salah satu dasar keputusan Ibu Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri) memilih Ganjar Pranowo, tentu berawal dari serap aspirasi masyarakat,” ucap Bendahara DPD PDIP, Muhammad Samsun, Jumat (21/4/2023).

Menurut Samsun, aspirasi masyarakat yang menginginkan Ganjar Pranowo sebagai capres mendapatkan respon positif dari PDIP, dan pada akhirnya menugaskan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut maju di Pilpres tahun depan.

Baca juga  Agus Suwandy Kembali Gelar Sosper Pencegahan Narkotika, Ajak Masyarakat Terlibat Aktif Dalam Pengawasan

“Karena kita tahu, kalau kami turun ke masyarakat, warga menginginkan presiden pengganti Pak Jokowi itu adalah Ganjar,” tuturnya.

Ditanya terkait elektabilitas Ganjar Pranowo di Benua Etam, Samsun menilai hal itu tak perlu diragukan lagi.

Menurutnya, elektabilitas Ganjar Pranowo di Kaltim dan wilayah Indonesia lainnya, juga menjadi dasar Ketua Umum PDIP memilih Ganjar.

“Tidak perlu diragukan lagi, justru PDIP memutuskan Ganjar menjadi capres karena melihat elektabilitas di Kaltim dan wilayah lainnya,” tegasnya.

Dengan terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP, pihaknya akan melaksanakan perintah harian Megawati, yakni turun ke rakyat.

“Apa kerja kita di daerah? yakni tinggal melaksanakan perintah harian, tadi sudah disampaikan kepada seluruh pengurus, hingga kader untuk turun ke rakyat,” pungkasnya.

Baca juga  Ayah David Ozora Tutup Pintu Maaf Bagi Mario Dandy dkk, Jonathan: Mintalah Kepada Tuhan

Sebagaimana diketahui, Jumat (21/4/2023) hari ini, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres di Istana Batu Tulis, Bogor.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati, dikutip dari detik.

Dengan demikian, PDIP telah menuntaskan pembahasan mengenai capres yang akan diusung di Pemilu 2024.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto meminta agar seluruh anggota dan kader partai dapat menyikapi dengan bijak terhadap berbagai isu capres dan cawapres sebagai bagian dinamika politik nasional.

“Semua kader partai harus menyiapkan diri, baik secara ideologis hingga secara struktural. Sebab setiap saat Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai,” kata Hasto Kristiyanto.

Baca juga  Jadwal Liga 1 Pekan ke-2, Borneo FC Ditantang Bali United di Segiri

“Kami tegaskan kembali bahwa keputusan Capres PDI Perjuangan akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat,” imbuhnya.

Keputusan Megawati terkait capres PDIP, menurut Hasto berdasarkan berbagai pertimbangan.

Baik itu pertimbangan terhadap dinamika dunia maupun nasional (world view, national view, dan society view), sudah mempertimbangkan berbagai kriteria-kriteria kepemimpinan diikuti dengan refleksi dan doa, serta berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa.

“Momentum yang tepat itu bisa kapan saja, yang tentu saja keputusan akan diambil setelah diiringi dengan berbagai pertimbangan,” ujarnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Dzl)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved