Desa Teluk Dalam Mampu Hasilkan 200 Botol Madu Kelutut Dalam Sebulan

Foto : Kades Teluk Dalam, Supian (Istimewa)
Foto : Kades Teluk Dalam, Supian (Istimewa)

Akupedia.id, Tenggarong – Desa Teluk Dalam, Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam satu bulan mampu hasilkan 200 botol madu kelulut.

Kepala Desa (Kades) Teluk Dalam, Supian mengatakan kesuksesan budidaya madu kelulut di Desanya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak.

Salah satunya datang dari Dinas Kehutanan Kalimantan Timur (Kaltim) yang memberikan bantuan teknis pengembangan madu kelulit di desanya.

Baca juga  DPMD Kukar Umumkan Seleksi Pendekar Idaman, Siap Bertugas Tahun Depan

“Alhamdulilah budidaya madu kelulut ini bisa jadi sumber pendapatan baru bagi warga,” kata Supian.

Dirinya menjelaskan, saat ini madu-madu yang dihasilkan baru dipasarkan secara tradisional di outlet lokal. Namun, permintaan dari pembeli terus mengalami penungkatan.

“Artinya, madu dari spesies lebah tanpa sengat yang berukuran sangat mungil ini berpotensi untuk merembah pasar yang lebih luas,” terangnya kepada wartawan Rabu (3/4) kemarin.

Baca juga  Sinergi KIM dan Website Desa, Diskominfo Kukar Tingkatkan Keterbukaan Informasi

Menurutnya, madu kelulut dikenal memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan, mulai dari mengatasi peradangan, mencegah kanker, menurunkan berat badan, sebagai antibakteri alami, dan memperkuat sistem imun tubuh.

“Madu kelulut Teluk Dalam tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan seperti anti-inflamasi dan pencegahan kanker, tetapi juga telah menjadi simbol dari kebangkitan ekonomi desa,” pungkasnya.

Baca juga  Bupati Edi Damansyah Ungkap Isu Strategis Wilayah Loa Janan ke Kementrian ATR/BPN

Penulis : Bayu Andalas Putra

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved