SEKEJAB Hadir di Kukar, Aplikasi Canggih untuk Optimalisasi Tata Kelola Pemerintahan

Foto: Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) baru saja meluncurkan aplikasi SEKEJAB (Sistem Evaluasi Kelembagaan dan Analisis Jabatan) di Grand Ballroom Hotel MAXONE, Balikpapan. (ist)

Akupedia.id, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melangkah lebih maju dengan meluncurkan aplikasi SEKEJAB (Sistem Evaluasi Kelembagaan dan Analisis Jabatan) di Grand Ballroom Hotel MAXONE, Balikpapan, sebagai bagian dari Rapat Koordinasi Bidang Organisasi se-Kabupaten Kutai Kartanegara 2024.

Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi cerdas dalam merancang struktur pemerintahan yang lebih efisien dan memastikan setiap jabatan memiliki peran dan kompetensi yang jelas.

Asisten III Sekretariat Daerah Kukar, Dafip Haryanto, menyampaikan bahwa analisis jabatan ini penting untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tugas secara lebih tepat sasaran, guna mendukung tata kelola yang lebih transparan dan akuntabel.

Baca juga  Warga Bukit Pinang Keluhkan Minimnya Air Bersih dan LPJU, Rudi Tampung Aspiras

“Hal ini tidak hanya membantu menentukan jumlah dan kualitas pegawai yang diperlukan, tetapi juga memastikan bahwa setiap jabatan diisi oleh individu yang tepat sesuai kebutuhan organisasi,” kata Dafip, Jumat (8/11/2024).

Ia menambahkan, penyusunan ANJAB merupakan dasar penting dalam perencanaan sumber daya manusia yang akurat, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan mendukung pelayanan publik yang optimal di lingkungan pemerintah daerah.

Untuk mendukung tujuan ini, Pemkab Kukar meluncurkan aplikasi SEKEJAB, sebuah sistem informasi yang mempermudah proses penyusunan ANJAB dengan menyajikan data kebutuhan jabatan dan pemangku jabatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga  Asap Rokok dan Perilaku Jorok, Ancaman Stunting Meningkat di Kukar

“Saya mengapresiasi tinggi hadirnya aplikasi SEKEJAB karena akan membuat penyusunan ANJAB lebih sistematis dan akurat, serta membantu perangkat daerah dalam menyesuaikan kebutuhan pegawai berdasarkan kondisi faktual di lapangan,” lanjutnya.

Dafip berharap, aplikasi ini dapat mendorong penyusunan perencanaan kinerja yang lebih baik, yang kemudian akan tercermin dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai secara optimal.

Ia pun mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kukar mengenai pentingnya menindaklanjuti hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Dafip berharap semua perangkat daerah segera memperbaiki dan melaksanakan rekomendasi dalam Laporan Hasil Evaluasi SAKIP.

Baca juga  Apel Siaga Pengawasan Pilkada Kukar 2024, Sinergi Demi Demokrasi Berintegritas

“Harapan kita bersama adalah meningkatkan predikat SAKIP Kutai Kartanegara menjadi BB,” tuturnya.

Rapat Koordinasi Bidang Organisasi ini diharapkan menjadi wadah diskusi dan kolaborasi bagi seluruh perangkat daerah untuk memperkuat kinerja pemerintahan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Dafip menegaskan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan strategis untuk memastikan visi dan misi Kabupaten Kukar dapat diimplementasikan dengan baik dan tepat sasaran. (*)

Berita Lainnya