Ananda Emira Moeis Sosperda Bantuan Hukum

Caption: Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis dalam momen Giat Sosperda Bantuan Hukum.

Samarinda – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ananda Emira Moeis, melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, berlangsung di Jalan Kampung Puncak, Kelurahan Loa Buah, Kecamatan Sungai Kunjang.

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai hak-hak mereka dalam mendapatkan bantuan hukum dan tata cara mengaksesnya sesuai dengan ketentuan Perda yang berlaku.

Ananda Emira Moeis, yang juga merupakan politisi dari PDI Perjuangan, menyampaikan komitmennya untuk membantu masyarakat yang memiliki sengketa hukum.

Baca juga  Tepis Anggapan Miring Tentang Pulau Kumala, Rendi Solihin Sebut Pengembangan Terus Dilakukan

“Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum untuk datang ke kantor DPD PDI Perjuangan di Jalan AW Syahrani, Kota Samarinda,” kata Ananda.

Ia menegaskan pentingnya peran negara dalam memberikan fasilitas hukum kepada masyarakat.

“Indonesia adalah negara hukum, dan setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Oleh karena itu, mereka berhak untuk memperoleh fasilitas negara yang layak,” terangnya.

Ia juga menekankan bahwa melalui Perda Nomor 5 Tahun 2019, pemerintah daerah berkomitmen untuk menyediakan bantuan hukum yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.

Baca juga  Anak Usia 8 Tahun Dianiaya Ayah Tiri Hingga Tewas

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang hak-hak hukum mereka, tetapi juga menjadi ajang diskusi mengenai berbagai permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat.

Narasumber memberikan penjelasan rinci mengenai prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan bantuan hukum, serta menjawab berbagai pertanyaan dari peserta.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dari Ananda Emira Moeis dan PDI Perjuangan dalam memberikan pelayanan hukum yang adil dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga  Pokdarwis Desa Pela Minta Segera Disahkan Perda Kawasan Konversasi Pesut Mahakam

Sosialisasi ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang hadir, menunjukkan bahwa masih banyak warga yang membutuhkan informasi dan bantuan dalam menyelesaikan permasalahan hukum mereka. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan terjadi peningkatan kesadaran hukum di kalangan masyarakat dan tercipta keadilan sosial yang lebih merata di Kalimantan Timur.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Sintong Sihite, dan Andi Misran,  dengan Ronal Stephen L, bertindak sebagai moderator.

Tim Redaksi Akupedia.id/FR

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved