Safuad Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di Bontang Barat

Caption: Suasana foto bersama masyarakat dalam momen SOsbang oleh Anggota DPRD KAltim Safuad.

Bontang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur, Safuad, SE, menggelar acara sosialisasi wawasan kebangsaan yang bertempat di Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Sabtu (18/5/2024) dan dihadiri oleh masyarakat setempat yang tampak antusias untuk memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan.

Sosialisasi wawasan kebangsaan bertujuan untuk memperkuat pemahaman masyarakat tentang empat pilar utama yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar tersebut adalah Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhineka Tunggal Ika, dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam acara ini, Safuad menghadirkan dua narasumber berkompeten dari Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, yaitu La Sarido dan Rudi.

Baca juga  PAN Resmi Usung Rudy Mas'ud di Pilgup Kaltim 2024

Dalam sambutannya, Safuad menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang pilar-pilar kebangsaan.

“Melalui sosialisasi ini, kita ingin menanamkan kesadaran dan pemahaman yang kuat mengenai nilai-nilai dasar kebangsaan, sehingga kita semua bisa menjadi penjaga dan pengamal nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Safuad.

Narasumber pertama, La Sarido, menyoroti Pancasila sebagai landasan utama yang harus dipegang teguh oleh setiap warga negara.

Baca juga  Sapto Bicara Peningkatan Layanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan

“Pancasila adalah pedoman kita dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Menghayati Pancasila berarti mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya,” jelas La Sarido.

Rudi, sebagai narasumber kedua, menjelaskan tentang pentingnya Bhineka Tunggal Ika dalam menjaga persatuan dalam keberagaman.

“Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku, budaya, dan agama. Bhineka Tunggal Ika mengajarkan kita untuk bersatu dalam perbedaan, saling menghormati, dan bekerja sama demi kemajuan bersama,” ungkap Rudi.

Para peserta tampak sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan semangat yang tinggi untuk lebih memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Sosialisasi ini diharapkan dapat memperkuat semangat kebangsaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

Baca juga  Rusman: Evaluasi Mendalam Arah Pembangunan Kaltim Terhadap Eksploitasi SDA

Dengan kegiatan ini, Safuad berharap dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan warga Kota Bontang.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami dan menghayati empat pilar kebangsaan, sehingga tercipta masyarakat yang lebih solid, harmonis, dan berintegritas,” pungkas Safuad.

Tim Redaksi Akupedia.id/FR

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved