Expo Kesbangpol Milenial Pemilu Damai 2024, Komisi IV DPRD Kaltim Bicara Pendidikan Politik Pemilih

Caption: Suasana di momen Kesbangpol Expo dan deklarasi bersama di Robinson Samarinda

Akupedia.id, Samarinda – Samarinda Square Robinson menjadi saksi berlangsungnya Expo Kesbangpol Milenial Go to Pemilu yang berlangsung pada 17-18 November 2023. Acara ini menampilkan partisipasi 18 partai politik yang akan berkompetisi dalam Pemilu mendatang. Masing-masing stan partai dihiasi dengan ornamen khas mereka, menciptakan atmosfer penuh semangat demokrasi.

 

Dalam acara ini, forkopimda, ketua Bawaslu Kaltim, dan PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik, turut hadir untuk memberikan dukungan dan memberikan sorotan terkait persiapan Pemilu.

Baca juga  Sebanyak 13 Advokat Ferari Kaltim Ambil Sumpah Profesi

 

Dalam pidatonya, Akmal Malik juga mengingatkan akan pentingnya dukungan dalam berbagai aspek penyelenggaraan Pemilu, mulai dari logistik hingga partisipasi pemilih. Ia menyoroti tantangan teknis, terutama dalam distribusi logistik di daerah terpencil seperti Mahulu, Berau, dan Kutai Barat.

 

Mengenai Pemilu 2024, Akmal Malik menekankan potensi dinamika pembelahan sosial dan konflik horizontal.

 

“Meskipun Kalimantan Timur masuk dalam peringkat rawan, tapi mari kita melihatnya sebagai hikmah dan memperkuat kesiapan di masa depan,” kata Akmal.

Baca juga  Kolaborasi Regional Dorong Proyek Zona Investasi Indonesia: Forum Investasi ALKI II 2023

 

Deklarasi damai menjadi fokus utama acara, dengan Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Ananda Emira Moeis, menegaskan perlunya sosialisasi pemilihan yang aman, nyaman, dan damai. Emira Moeis juga menyoroti pentingnya Anti Money Politic dan pendidikan politik untuk pemilih.

 

“Acara ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam menyongsong Pemilu 2024,” kata Ananda.

 

Para partai politik sepakat untuk berkampanye dengan aksi damai, memastikan persatuan untuk kebaikan bangsa Indonesia. Semua pihak diingatkan untuk menjaga kebersamaan, menghormati perbedaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan, sebagai pondasi utama untuk membangun demokrasi yang damai di Kalimantan Timur.

Baca juga  Samsun: Konsep RTRW Perlu Menyesuaikan Kepentingan Masyarakat Kaltim

 

Dengan deklarasi damai dan sorotan tajam dari Gubernur PJ Akmal Malik, diharapkan Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar, adil, dan memberikan hasil yang baik untuk masyarakat Kalimantan Timur.

ADV/dprd/fr/143

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved