Suara Pembaruan: Wakil Rakyat Gandeng Generasi Z dan Milenial untuk Revolusi Digital UMKM Samarinda

Anggota DPRD Kaltim, Encik.

Akupedia.id, Samarinda  – Terobosan gemilang muncul dari Wakil Rakyat Komisi II DPRD Kaltim, Encik Wardani, yang menggema dalam ajang konferensi di Samarinda.

Dalam kesempatannya yang penuh semangat, Encik Wardani memaparkan wawasan revolusioner terkait keharusan digitalisasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Samarinda, dengan menggandeng generasi Z dan milenial.

“Saya tidak hanya melihat masa depan, tetapi saya ingin kita merayakannya sekarang. Generasi Z dan milenial adalah kekuatan kita, dan kita harus mengajak mereka bergandengan tangan untuk meretas jalan menuju kemajuan,” tegas Encik Wardani, menyoroti pergeseran perilaku belanja ke arah online oleh generasi muda.

Baca juga  Adakan Lomba 17-an, Ojol Tenggarong Turut Ramaikan HUT Kemerdekaan RI

Dalam semangat untuk memajukan UMKM, Encik Wardani memberikan inspirasi dengan menyarankan agar UMKM memanfaatkan kecanggihan teknologi berbasis internet.

“Buatlah toko online, buatlah kehadiran digital yang menggoda. Jangan hanya berdagang di Pasar Pagi, tapi berdaganglah di dunia maya,” ajaknya, dengan keyakinan bahwa UMKM yang mahir dalam pemasaran online dapat mengubah toko fisiknya menjadi pusat distribusi yang dinamis.

Baca juga  Pokdarwis Desa Pela Minta Segera Disahkan Perda Kawasan Konversasi Pesut Mahakam

Encik Wardani memberikan pujian khusus kepada Disperindagkop Kaltim atas upayanya mendampingi UMKM dan memberikan sarana template untuk memasarkan produk melalui berbagai marketplace.

“Pasar telah berubah, dan kita tidak bisa tinggal diam. Inilah saatnya kita mengikuti aliran perubahan dengan cepat dan lincah,” serunya, menyindir ketidakberdayaan terhadap modernisasi.

Tak hanya sekadar saran, Encik Wardani turut mendorong perubahan pola transaksi dari tunai ke non-tunai dengan memanfaatkan QRIS.

Baca juga  Salehuddin Evaluasi Angka Putus Sekolah di Kaltim

“Pertumbuhan bisnis UMKM tidak hanya tentang beradaptasi, tetapi juga berinovasi. Beralih ke transaksi non-tunai adalah langkah maju yang akan memudahkan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan,” ujar Encik Wardani, dengan penuh keyakinan.

 

 

ADV/dprd/fr/116

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved